Selasa, 01 September 2015

SOAL LATIHAN FISIKA UMUM 1 ( PART 1)



  1. Tugas ini dikumpul dalam bentuk hard Copy menggunakan kertas Double Polio paling lambat hari Senin, 7 September 2015 jam 09.45 Wib.
  2. Untuk  lebih Jelasnya Soal latihan dapat di Download disini...!!!

68 komentar:

  1. Nama : Riza Hanina
    NIM : 4151111082
    Kelas : DIK "D"
    NO Absen : 15

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Selamat malam pak,saya ingin menjawab pertanyaan Bapak mengenai "Dasar-dasar untuk membuat besaran pokok".

    1) Satuan Panjang adalah Meter (m)
    Satu meter didefinisikan sebagai 1.650.761,73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom gas atom Krypton di dalam ruang hampa dalam suatu loncatan listrik. Kelebihan dari penggunaan gelombang cahaya Krypton adalah mudah dibuat ulang dengan ketelitian yang tinggi, mencapai 1/108. Sebelum penggunaan sinar Krypton, pernah digunakan “meter standard” yang terbuat dari platina iridium. Meter didefinisikan jarak antara dua goresan pada meter standar sehingga jarak dari kutub utara ke katulistiwa melalui paris adalah 10.000.000 m (10 juta m).Penggunaan sinar krypton ternyata belum cukup. Kemudian ditemukan definisi meter yang lebih teliti dengan menggunakan laju cahaya dalam vakum. Definisi meter adalah jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam vakum dalam selang waktu 1/299.792.458 s dengan ketelitian hingga 4/109.Maka,dapat disimpulkan bahwa 1 meter = 1.650.763,73 kali panjang gelombang cahaya isotop krypton -86.

    2) Satuan Massa adalah Kilogram (Kg)
    Yang menjadi standar satuan kilogram adalah kilogram standard yang disimpan di lembaga Timbangan dan Ukuran International. Dengan teknik pengukuran modern, kilogram standard dapat dibuat ulang dengan ketlitian 1/108.Maka,dapat disimpulkan bahwa 1 kg = 1 liter air murni yang suhunya 40 derajat Celcius.

    3) Satuan Waktu adalah Sekon (s)
    Satuan waktu telah diatomkan. Satu sekon didefinisikan sebagai selang waktu yang diperlukan oleh atom sesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali dalam transisi antar duat tingkat energi di tingkat energi dasar. Satuan sekon dapat dibuat atau diproduksi ulang dengan ketelitian 1/1012.Maka,dapat disimpulkan bahwa 1 detik = waktu dari 9192631770 periode radiasi.

    4) Satuan Kuat Arus Listrik adalah Ampere (A)
    Satu ampere didefinisikan kuat arus tetap yang jika dialirkan melului dua buah kawat yang sejajar dan sangat panjang dengan tebal yang dapat diabaikan dan diletakkan pada jarak pisah 1 meter dalam kondisi vakum akan menghasilkan gaya 2×10-7 newton pada setiap meter kawat.Maka,dapat disimpulkan bahwa A = gaya antara dua konduktor sebesar 2.10-7 Newton per meter.

    5) Satuan suhu adalah Kelvin (K)
    Yang menjadi satuan standar suhu termodinamika adalah kelvin bukan celcius. Satuan yang disingkat dengan huruf K ini didefinisikan sebagai 1/273,16 kali suhu termodinamika titik tripel air (titik tripel air = 273,16). Titik tripel air ini adalah suhu di mana air murni berada pada keadaan seimbang antara es dengan uap jenuhnya.Maka,dapat disimpulkan bahwa K = satuan suhu termodinamika = 1/273,16 dari suhu titik triple air.

    6) Satuan Intensitas Cahaya adalah Kandela (C)
    Satuan ini didefinisikan intensitas cahaya dari suatu sumber cahaya uang memancarkan radiasi monokromatik pada frekuensi 540 x 1012. hertz dengan intensitas radiasi sebesar 1/683 watt per steradian dalam arah tersebut.

    7) Satuan Jumlah Zat adalah Mole (mol)
    Mole atau yang disingkat (mol) alah jumlah zat yang mengandung unsur elementer zat tersebut dalam jumlah sebanyak jumlah atom karbon dalam 0,012 kg karbon-12.

    8) Sudut Bidang Datar satuannya adalah Radian (rad)
    Dimana,Rad adalah sudut bidang datar antara dua jari-jari lingkaran yang panjang busurnya sama dengan panjang jari-jarinya.

    9) Sudut Bidang Ruang adalah Steradian (sr)
    Dimana,Sr = sudut ruang yang puncaknya berada di pusat bola, membentuk juring yang luasnya sama dengan kuadrat jari-jari bola (r2).

    Sekian Pak,Atas perhatian bapak saya ucapkan Terima Kasih.

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh .:)


    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Putri Nur Indah Azhari
    Nim : 4151111075
    Jurusan : Pendidikan Matematika Dik D 2015

    DASAR DASAR BESARAN POKOK


    Besaran pokok adalah besaran yang dipakai untuk menentukan besaranbesaran yang lain. Ada tujuh besaran pokok, yaitu panjang, massa, waktu, kuat arus listrik, suhu, jumlah zat, dan intensitas cahaya. Ada 7 besaran pokok di dalam fisika.

    1. Satuan Standar Panjang
    Satuan besaran panjang berdasarkan SI dinyatakan dalam meter (m). Ketika sistem metrik diperkenalkan, satuan meter diusulkan setara dengan sepersepuluh juta kali seperempat garis bujur bumi yang melalui kota Paris. Tetapi, penyelidikan awal geodesik menunjukkan ketidakpastian standar ini, sehingga batang platinairidium yang asli dibuat dan disimpan di Sevres dekat Paris, Prancis. Jadi, para ahli menilai bahwa meter standar itu kurang teliti karena mudahberubah.
    Para ahli menetapkan lagi patokan panjang yang nilainya selalu konstan. Pada tahun 1960 ditetapkan bahwa satu meter adalah panjang yang sama dengan 1.650.763,73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom gas kripton-86 dalam ruang hampa pada suatu loncatan listrik. Definisi baru menyatakan bahwa satuan panjang SI adalah panjang lintasan yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama selang waktu 299.792.458 1sekon.
    Angka yang sangat besar atau sangat kecil oleh ilmuwan digambarkan menggunakan awalan dengan suatu satuan untuk menyingkat perkalian atau pembagian dari suatu satuan.
    b. Satuan Standar Massa
    Satuan standar untuk massa adalah kilogram (kg). Satu kilogram standar adalah massa sebuah silinder logam yang terbuat dari platina iridium yang disimpan di Sevres, Prancis. Silinder platina iridium memiliki diameter 3,9 cm dan tinggi 3,9 cm. Massa 1 kilogram standar mendekati
    massa 1 liter air murni pada suhu 4 oC.

    c. Satuan Standar Waktu
    Satuan SI waktu adalah sekon (s). Mula-mula ditetapkan bahwa satu sekon sama dengan 1/86.400rata-rata gerak semu matahari mengelilingi Bumi. Dalam pengamatan astronomi, waktu ini ternyata kurang tepat akibat adanya pergeseran, sehingga tidak dapat digunakan sebagai patokan. Selanjutnya, pada tahun 1956 ditetapkan bahwa satu sekon adalah waktu yang dibutuhkan atom cesium-133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali.
    d. Satuan standar arus listrik
    Satuan standar arus listrik adalah ampere (A). Satu ampere didefinisikan sebagai arus tetap, yang dipertahankan untuk tetap mengalir pada dua batang penghantar sejajar dengan panjang tak terhingga, dengan luas penampang yang dapat diabaikan dan terpisahkan sejauh satu meter dalam vakum, yang akan menghasilkan gaya antara kedua batang penghantar sebesar 2 × 10–7 Nm–1.
    e. Satuan Standar Suhu
    Suhu menunjukkan derajat panas suatu benda. Satuan standar suhu adalah kelvin (K), yang didefinisikan sebagai satuan suhu mutlak dalam termodinamika yang besarnya sama dengan 1/273,16dari suhu titik tripel air. Titik tripel menyatakan temperatur dan tekanan saat terdapat
    keseimbangan antara uap, cair, dan padat suatu bahan. Titik tripel air adalah 273,16 K dan 611,2 Pa. Jika dibandingkan dengan skala termometer Celsius, dinyatakan sebagai berikut:
    T = 273,16o + tc
    f. Satuan Standar Intensitas Cahaya
    Intensitas cahaya dalam SI mempunyai satuan kandela (cd), yang besarnya sama dengan intensitas sebuah sumber cahaya yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 × 1012 Hz dan memiliki intensitas pancaran 1/683watt per steradian pada arah tertentu.
    g. Satuan Standar jumlah Zat
    Satuan SI untuk jumlah zat adalah mol. Satu mol setara dengan jumlah zat yang mengandung partikel elementer sebanyak jumlah atom di dalam 1,2 10-2 kg karbon-12. Partikel elementer merupakan unsur fundamental yang membentuk materi di alam semesta. Partikel ini dapat berupa atom, molekul, elektron, dan lain-lain.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wr.wb
    NAMA : NITA KUSUMA SARI
    NIM : 4153111049
    KELAS : DIK D
    ABSEN : 42

    Macam - macam Besaran Pokok
    1. Satuan Panjang (meter) :

    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Hasilnya diproduksi menjadi 3 batang platina dan beberapa batang besi. Karena selanjutnya diketahui bahwa pengukuran jarak dari kutub ke katulstiwa tidak akurat, maka pada 1960 standar ini ditinggalkan. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.


    2. Satuan Massa (kilogram)

    kilogram didefinisikan sebagai massa.
    air pada 4 derajat celcius yang menempati 1 desimeter kubik. Namun kemudian ditemukan bahwa volume air yang diukur ternyata 1,000028 desimeter kubik, sehingga standar ini ditinggalkan pada 1889.
    Kilogram merupakan satu2nya satuan standar yang tidak bisa dipindahkan. Tiruan2 telah dibuat dengan ketelitian mencapai 1/108part, namun metalurgi abad 19 belum baik, sehingga ketidakmurnian pada logam menyebabkan kesalahan sekitar 0.5 part per billion setiap tahunnya.

    3. Satuan Waktu (second)

    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti
    detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.

    4. Satuan Arus Listrik (ampere)

    Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.
    1 ampere adalah arus listrik konstan dimana jika terdapat dua kabel dengan panjang tak terhingga dengan circular cross section?? yang dapat diabaikan, ditempatkan dengan jarak 1 meter pada ruang hampa, akan menghasilkan gaya 2 x 107 newton per meter.

    5. Satuan Temperature Termodinamis (Kelvin)

    Definisi dari temperature didasarkan pada diagram fase air, yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang didefinisikan sebagai 273,16 kelvin, kemudian nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin, sehingga 1 kelvin didefiniskan sebagai 1/273.16 dari temperature titik tripel air.

    6. Satuan Jumlah Zat (mol)

    1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain.
    Kita dapat membayangkan satu mol sebagai jumlah atom dalam 12 gram karbon 12. bilangan ini disebut bilangan Avogadro, yaitu 6.0221367 x 1023.

    7. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)

    1 candela adalah intensitas cahaya pada arah yang ditentukan, dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 per detik, dan memiliki intensitas radian pada arah tersebut sebesar (1/683) watt per steradian.

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,
    Nama : Syafrida Yanti Nasution
    Nim : 4152 111 037
    Kelas : 23

    Jawaban :
    1. Satuan Panjang (meter) :
    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Hasilnya diproduksi menjadi 3 batang platina dan beberapa batang besi. Karena selanjutnya diketahui bahwa pengukuran jarak dari kutub ke katulstiwa tidak akurat, maka pada 1960 standar ini ditinggalkan. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.

    2. Satuan Massa (kilogram)
    Pada Satuan Internasional massa dinyatakan dalam satuan koligram. Didefinisikan sebagai massa sebuah silinder platina-iridium tertentu disimppan di Biro Internasional Poids et Mesures di Sevres, Perancis. Standar ini ditetapkan pada tahun 1887. Penggunaan bahan platinum-iridium sebagai standar satu kilogram karena merupakan bahan yang stabil.

    3. Satuan waktu (detik)
    Sebelum adanya pengukuran waktu modern seperti zaman sekarang, arloji dan stopwatch waktu diukur menggunakan jam matahari dan jam pasir, waktu diukur abad, tahun, bulan, minggu, jam, menit, dan sekon atau sekon. Sebelum tahun1967, satu sekon ditetapkan sama dengan(1/60) (1/60) (1/24) atau dengan 1/86400 hari. Jadi 1 sekon adalah 1/86400 hari.
    Akan tetapi dari kemudian hari diketahui bahwa waktu edar matahari rata-rata itu berubah dari tahun ke tahun sehingga pada tahun 1967 ditetapkan waktu standar satu sekon adalah waktu yang diperlukan oleh atom sesium-33 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali periode getaran radiasi dari atom sesium.

    4. Satuan Temperatur (kelvin)
    Skala kelvin adalah skala suhu dimana nol absolut di definisikan sebagai 0 K. Kelvin adalah salah satu dari tujuh unit dasar SI. Satuan kelvin didefinisikan oleh dua fakta yaitu nol kelvindan nol absolut, dan satu kelvin adalah pecahan 1/273,16 dari suhu termodinamika. Skala suhu celcius sekarang didefinisikan kelvin.
    Kelvin dinamakan berdasarkan mana seorang fisikawan dan insinyur Inggris William Thomso 1st Baron Kelvin. Perkataan kelvin sebagai unit ditulis huruf kecil (k) kecuali dalam awal kalimat dan tidak pernah di ikuti kata dan simbol derajat, berbeda dengan fahrenheit dan celcius. Ini karena kedua skala tersebut adalah skala ukuran sementar kelvin adalah unit ukuran. Ketika kelvin diperkenalkan pada tahun 1954 di Konverensi umum Ukuran dan Berat ke-10, Resolusi 3, CR 79 namanya adalah derajat kelvin dan ditulis ᴼK, dan kata derajat dibuang pada tahu 1967.

    5. Satuan Arus (Ampere)
    Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Muatan listrik bisa mengalir melalui kabel atau penghantar listrik lainnya. Pada zaman dulu, Arus konvensional didefinisikan sebagai aliran muatan positif, sekalipun kita sekarang tahu bahwa arus listrik itu dihasilkan dari aliran elektron yang bermuatan negatif ke arah yang sebaliknya.

    6. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)
    Satuan intensitas cahaya diperlukan untuk menentukan brightness (keterangan) dari suatu cahaya. Sebelumnya, lilin dan bola lampu pijar digunakan sebagai standar. Standar yang digunakan saat ini adalah sumber cahaya monokromatik (satu warna), biasanya dihasilkan oleh laser, dan suatu alat bernama radiometer digunakan untuk mengukur panas yang ditimbulkan saat cahaya tersebut diserap.

    7. Satuan Jumlah Zat (mol)
    Jumlah molekul, mol adalah satuan dasar SI yang mengukur jumlah zat. Istilah "mol" pertama kali diciptakan oleh Wilhem Ostwald dalam bahasa Jerman pada tahun 1893, walaupun sebelumnya telah terdapat konsep massa ekuivalen seabad sebelumnya. Istilah mol diperkirakan berasal dari kata bahasa Jerman Molekül. Nama gram atom dan gram molekul juga pernah digunakan dengan artian yang sama dengan mol, namun sekarang sudah tidak digunakan.


    BalasHapus
  5. NAMA : OLIVIA JESIKA SIHOTANG
    NIM : 4153111051
    PRODI : PENDIDIKAN MATEMATIKA DIK D 2015

    Permisi pak . Disini saya akan menjawab pertanyaan yang telah bapak berikan minggu lalu mengenai dasar - dasar menentukan besaran pokok .


    Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditentukan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lainnya.

    MACAM-MACAM BESARAN POKOK

    1.Panjang(m)[L]
    Panjang adalah jarak antara dua titik di dalam ruang.Dalam SI satuan panjang adalah meter(m).Meter adalah satuan panjang internasional yang pertama,yang terbuat dari campuran bahan platina iridium,dan disimpan di The International Bureau Of Weinght and Measure.
    Pada tahun 1960,para ahli menetapkan bahwa satu meter sama dengan 1.650.763,73 kali panjang gelombang pancaran sinar jingga-merah dari atom kripton-86 dalam ruang hampa.Kemudian pada tahun 1983,meter kembali di definisi ulang dan bunyinya adlah:”Meter adalah panjang jalur yang dilalui oleh cahaya pada ruang hampa udara selama selang waktu: 1/299.792.458 sekonu.

    2.Massa(kg)[M]
    Massa adalah jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda.Dalam SI satuan massa adalah kilogram(kg).Satu kilogram adalah massa sebuah silinder logam yang terbuat dari campuran platina iridium yang disimpan di Lembaga berat dan Ukuran internasional di Paris,Prancis.Kilogram merupakan satu-satunya satuan Standar yang tidak bisa dipindahkan.Alat ukur satuan massa antara lain adalah:
    •· Neraca Lengan,ada yang terdiri dari dua atau tiga lengan.
    •· Neraca Kimia,biasa digunakan untuk mengukur massa yang kecil.
    •· Neraca Elektronik/digital.

    3.Waktu(s)[T]
    Waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86.400 waktu satu hari yang didasarkan pada waktu perputaran bumi pada porosnya.Dalam SI satuan waktu adalah sekon(s).Untuk mendapatkan pengukuran waktu yang lebih teliti,sekarang orang lebih memilih menggunakan Jam Atom.jam ini diatur oleh gerakan atom tertentu misalnya cesium,dimana 1 detik adalah 9.192.631.770 periode getaran atom cesium-133.Alat ukur mengukur besaran waktu antara lain sebagai berikut:
    •· Jam Matahari,Jam Pasir,Jam Air.
    •· Arloji.
    •· Stopwatch.

    4.Suhu(K)[ ]
    Suhu adalah ukuran yang derajat panas atau dinginnya suatu benda.Dalam SI satuan suhu adalah Kelvin(K).Definisi dari suhu didasarkan pada diagram fase air,yaitu posisi titik tripel air(suhu diamana 3 fase air berada bersamaan) yang di definisikan sebagai 273,16 Kelvin.kemudian,nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin,sehingga 1 Kelvin didefinisikan sebagai 1/273,16 dari temperatur(suhu) tripel air.Alat untuk mengukur suhu benda dengan tepat dan menyatakannya dalam angka disebut termometer.

    5.Kuat Arus Listrik(A)[I]
    Arus listrik adalah banyanya muatan listrik yang mengalir melalui satu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu.Dalam SI satuan kuat arus listrik adalah Ampere(A).Saat arus listrik mengalir melalui satu kabel maka bidang magnet berada di sekeliling kabel.
    Pada tahun 1948,Ampere didefinisikan dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.Alat ukur untuk mengukur kuat arus listrik adalah Ampere meter.

    6.Jumlah Zat(mol)[N]
    Jumlah Zat satuannya dalam SI adalah molekul(mol).Mol adalah istilah yang digunakan sejak 1902 dan merupakan kependekan dari”gram-molecule”.Satu mol didefinisikan sebagai zat suatu sistem yang mengandung “entitas elementer”(atom,molekul,ion,elektron) sebanyak atom-atom yang berada dalam 12 gram karbon-12.Bilangan ini disebut bilangan Avogadro yaitu G.0221367*1023.

    7.Intensitas Cahaya(Cd)[J]
    Satuan intensitas cahaya adalah Candela(Cd).Candela adalah intensitas cahaya suatu sumber cahaya yang memancarkan radiasi manokromatik pada frekuensi 540*1012 hertz dengan intensitas radiasi sebesar 1/685 watt per Steradran dalam arah tersebut.

    Sekian dan terima kasih pak

    BalasHapus
  6. Nama : Suci Charolina
    Nim : 4152111036
    Jurusan : Pendidikan Matematika Dik D 2015
    No absen : 22

    jawaban :

    1.Panjang(m)[L]

    Panjang adalah jarak antara dua titik di dalam ruang.Dalam SI satuan panjang adalah meter(m).Meter adalah satuan panjang internasional yang pertama,yang terbuat dari campuran bahan platina iridium,dan disimpan di The International Bureau Of Weinght and Measure.

    Pada tahun 1960,para ahli menetapkan bahwa satu meter sama dengan 1.650.763,73 kali panjang gelombang pancaran sinar jingga-merah dari atom kripton-86 dalam ruang hampa.Kemudian pada tahun 1983,meter kembali di definisi ulang dan bunyinya adlah:”Meter adalah panjang jalur yang dilalui oleh cahaya pada ruang hampa udara selama selang waktu: 1/299.792.458 sekonu.


    Besaran Pokok

    2.Massa(kg)[M]

    Massa adalah jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda.Dalam SI satuan massa adalah kilogram(kg).Satu kilogram adalah massa sebuah silinder logam yang terbuat dari campuran platina iridium yang disimpan di Lembaga berat dan Ukuran internasional di Paris,Prancis.Kilogram merupakan satu-satunya satuan Standar yang tidak bisa dipindahkan.Alat ukur satuan massa antara lain adalah:
    • • Neraca Lengan,ada yang terdiri dari dua atau tiga lengan.
    • • Neraca Kimia,biasa digunakan untuk mengukur massa yang kecil.
    • • Neraca Elektronik/digital.


    3.Waktu(s)[T]
    Waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86.400 waktu satu hari yang didasarkan pada waktu perputaran bumi pada porosnya.Dalam SI satuan waktu adalah sekon(s).Untuk mendapatkan pengukuran waktu yang lebih teliti,sekarang orang lebih memilih menggunakan Jam Atom.jam ini diatur oleh gerakan atom tertentu misalnya cesium,dimana 1 detik adalah 9.192.631.770 periode getaran atom cesium-133.Alat ukur mengukur besaran waktu antara lain sebagai berikut:
    • • Jam Matahari,Jam Pasir,Jam Air.
    • • Arloji.
    • • Stopwatch.


    4.Suhu(K)[ ]
    Suhu adalah ukuran yang derajat panas atau dinginnya suatu benda.Dalam SI satuan suhu adalah Kelvin(K).Definisi dari suhu didasarkan pada diagram fase air,yaitu posisi titik tripel air(suhu diamana 3 fase air berada bersamaan) yang di definisikan sebagai 273,16 Kelvin.kemudian,nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin,sehingga 1 Kelvin didefinisikan sebagai 1/273,16 dari temperatur(suhu) tripel air.Alat untuk mengukur suhu benda dengan tepat dan menyatakannya dalam angka disebut termometer.

    5.Kuat Arus Listrik(A)[I]
    Arus listrik adalah banyanya muatan listrik yang mengalir melalui satu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu.Dalam SI satuan kuat arus listrik adalah Ampere(A).Saat arus listrik mengalir melalui satu kabel maka bidang magnet berada di sekeliling kabel.
    Pada tahun 1948,Ampere didefinisikan dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.Alat ukur untuk mengukur kuat arus listrik adalah Ampere meter.

    6.Jumlah Zat(mol)[N]
    Jumlah Zat satuannya dalam SI adalah molekul(mol).Mol adalah istilah yang digunakan sejak 1902 dan merupakan kependekan dari”gram-molecule”.Satu mol didefinisikan sebagai zat suatu sistem yang mengandung “entitas elementer”(atom,molekul,ion,elektron) sebanyak atom-atom yang berada dalam 12 gram karbon-12.Bilangan ini disebut bilangan Avogadro yaitu G.0221367*1023.

    7.Intensitas Cahaya(Cd)[J]
    Satuan intensitas cahaya adalah Candela(Cd).Candela adalah intensitas cahaya suatu sumber cahaya yang memancarkan radiasi manokromatik pada frekuensi 540*1012 hertz dengan intensitas radiasi sebesar 1/685 watt per Steradran dalam arah tersebut.



    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Nama : Lely Nurvita Sari
    NIM : 4153111041
    Fakultas : FMIPA
    Jurusan : Pendidikan Matematika
    Kelas : Dik D 2015
    No. Absen : 34

    DASAR-DASAR BESARAN POKOK
    Besaran pokok adalah besaran yang sudah ditetapkan dan dipakai untuk menentukan besaran-besaran yang lain. Besaran pokok terdiri dari :

    1. Satuan Standar Panjang
    Hasil pengukuran besaran panjang biasanya dinyatakan dalam satuan meter, centimeter, milimeter, atau kilometer. Satuan besaran panjang dalam SI adalah meter. Meter berasal dari bahasa Yunani yaitu metron yang berarti ukuran. Pada mulanya satu meter ditetapkan sama dengan panjang sepersepuluh juta (1/10000000) dari jarak kutub utara ke khatulistiwa melalui Paris. Kemudian dibuatlah batang meter standar dari campuran Platina-Iridium. Satu meter didefinisikan sebagai jarak dua goresan pada batang ketika bersuhu 0ºC. Meter standar ini disimpan di International Bureau of Weights and Measure di Sevres, dekat Paris.
    Pada tahun 1960 definisi satu meter diubah. Satu meter didefinisikan sebagai jarak 1650763,72 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom gas krypton-86 dalam ruang hampa pada suatu lucutan listrik. Pada tahun 1983, Konferensi Internasional tentang timbangan dan ukuran memutuskan bahwa satu meter merupakan jarak yang ditempuh cahaya pada selang waktu 1/299792458 sekon. Penggunaan kecepatan cahaya ini, karena nilainya dianggap selalu konstan.

    2. Satuan Standar Waktu
    Besaran waktu dinyatakan dalam satuan detik atau sekon dalam SI. Pada awalnya satuan waktu dinyatakan atas dasar waktu rotasi bumi pada porosnya, yaitu 1 hari. Satu detik didefinisikan sebagai 1/26400 kali satu hari rata-rata. Satu hari rata-rata sama dengan 24 jam = 24 x 60 x 60 = 86400 detik. Karena satu hari matahari tidak selalu tetap dari waktu ke waktu, maka pada tahun 1956 para ahli menetapkan definisi baru. Satu detik adalah selang waktu yang diperlukan oleh atom cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9192631770 kali.

    3. Satuan Standar Massa
    Besaran massa dalam SI dinyatakan dalam satuan kilogram (kg). Pada mulanya para ahli mendefinisikan satu kilogram sebagai massa sebuah silinder yang terbuat dari bahan campuran Platina dan Iridium yang disimpan di Sevres, dekat Paris. Untuk mendapatkan ketelitian yang lebih baik, massa standar satu kilogram didefinisikan sebagai massa satu liter air murni pada suhu 4ºC.

    4. Satuan Standar Temperatur
    Skala kelvin adalah skala suhu dimana nol absolut di definisikan sebagai 0 K. Kelvin adalah salah satu dari tujuh unit dasar SI. Satuan kelvin didefinisikan oleh dua fakta yaitu nol kelvin dan nol absolut, dan satu kelvin adalah pecahan 1/273,16 dari suhu termodinamika. Skala suhu celcius sekarang didefinisikan kelvin. Ketika kelvin diperkenalkan pada tahun 1954 di Konverensi umum Ukuran dan Berat ke-10, Resolusi 3, CR 79 namanya adalah derajat kelvin dan ditulis 0K, dan kata derajat dibuang pada tahu 1967.

    5. Satuan Standar Kuat Arus Listrik
    Satuan internasional untuk arus listrik adalah Ampere (A). Secara formal satuan Ampere didefinisikan sebagai arus konstan yang, bila dipertahankan, akan menghasilkan gaya sebesar 2 x 10-7 N/m di antara dua penghantar lurus sejajar, dengan luas penampang yang dapat diabaikan, berjarak 1 meter satu sama lain dalam ruang hampa udara.

    6. Satuan Standar Intensitas Cahaya
    Satu kandela adalah intensitas cahaya suatu sumber cahaya yang memancarkan radiasi monokromatik pada frekuensi 540 x 1012 Hertz dengan intensitas sebesar 1/683 Watt per steradian dalam arah tersebut.

    7. Satuan Standar Jumlah Zat
    Mol adalah satuan dasar SI yang mengukur jumlah zat. Satuan mol didefinisikan sebagai jumlah zat suatu sistem yang mengandung entitas elemeter sebanyak atom-atom yang berada pada 12 gram karbon-12. Metode yang paling umum untuk mengukur jumlah zat adalah dengan mengukur massanya dan kemudian membagi nilai massanya dengan massa molar zat tersebut. Massa molar dapat dihitung dengan mudah dari nilai tabulasi bobot atom dan tetapan massa molar (didefinisikan sebagai 1 g/mol).

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. NAMA: YENI ERIKA SILABAN
    NIM :4152111040
    selamat malam pak,
    saya ingin menjawab soal yang bapak berikan mengenai dasar-dasar menentukan besaran pokok
    1.Standar besaran panjang
    Jadi 1 meter untuk pertama kalinya distandarkan berdasarkan sepersepuluh juta jarak dari kutub utara ke katulistiwa yang melewati kota Paris di Prancis. Pada tahun 1889, dibuatlah sebuah meteran standar dari bahan paduan platinum – iridium (10%). Pada meteran standar ini dibuat 2 buah goresan dari emas yang digores pada suhu 0 derajat Celsius yaitu pada titik leleh es. Jarak antara 2 goresan inilah yang disebut sebagai 1 meter. Namun seiring perkembangn jaman, jarak 2 goresan ini masih memberikan angka ketidakpastian yang cukup besar sehingga pada tahun 1960 definisi 1 meter diganti dengan panjang gelombang radiasi isotop kripton-86. Kemudian pada tahun 1989 definisi 1 meter kembali diganti dengan jarak yang ditempuh oleh cahaya yaitu 1 meter adalah jarak yang ditempuh oleh cahayadiruang hampa selama 1 / 299.792.458 detik.

    2.Standar satuan massa
    Pada akhir abad ke 18 didefiniskan 1 kilogram adalah banyaknya massa air dengan volume 1 liter pada suhu 4 derajat Celsius. Kemudian pada tahun 1889 dibuatlah sebuah standar 1 kilogram dengan menggunakan bahan platinum-iridium (10%) dengan bentuk silinder yang disimpan secara khusus. Jadi 1 kilogram dideklarasikan sebagai massa yang terkandung di dalam silinder platinum-iridium ini.

    3.Standar satuan waktu
    Pada awalnya 1 detik didefinisikan sebagai 1/86.400 waktu matahari yang diukur melalui pengamatan astranomis yang sangat teliti dan lama. Namun ketidakberaturannya rotasi bumi sangat memperngaruhi hasil pengukuran waktu matahari ini. Pada tahun 1967 definisi 1 detik didefinisikan sebagai waktu perioda sebesar 9.192.631.770 dari radiasi atom Cesium 133 yang bertransisi diantara 2 hiperfine level dari ground state.

    4. Satuan Standar Kuat Arus Listrik
    Satuan kuat arus listrik dalam SI adalah ampere disingkat A. Berdasarkan Conference Generale des Poids et Measures (Konferensi Umum Timbangan dan Ukuran) ke 9 tahun 1948, ditetapkan bahwa 1 ampere adalah nilai kuat arus yang dialirkan dalam kuat arus yang dialirkan dalam dua kawat sejajar yang panjangnya tak terhingga dengan tebal diabaikan dan kedua kawat terpisah sejauh 1 meter dan menimbulkan gaya tarik sebesar 2 x 10 -7 N tiap meter panjang kawat.

    5. Standar Satuan Suhu
    Awalnya satuan standar suhu adalah derajat celcius,ditetapkan
    -titik lebur es 0 derajat celcius
    -titik didih es 100 derajat Celsius
    Mulai tahun 1954 telah ditetapkan standar satuan baru dalam satuan Kelvin (K).
    Satu kelvin didefinisikan sebagai satuan temperatur/suhu yang nilainya 1/(273,15) kali temperatur tripel air pada tekanan 1 atmosfer

    6. Standar Satuan Intensitas Cahaya.
    Awalnya satuan intensitas cahaya adalah lilin Inatuaternasional, tetapi tidak bertahan lama. Kemudian sejak tahun 1948 ditetapkan satuan standar intensitas cahaya yang baru yaitu candela disingkat cd.
    Berdasarkan Konferensi Umum Timbangan dan Ukuran Tahun 1979 ditetapkan bahwa 1 candela didefinisikan sebagai intensitas cahaya suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik pada frekuensi 54 x 10 13Hz dengan intensitas radiasi sebesar 1/683 watt per steradian dalam arah tersebut.

    7. Standar Satuan Jumlah Zat
    Istilah mol pertama kali diciptakan oleh Wilhem Ostwald pada tahun 1893, Satuan jumlah zat adalah mol. 1 mol adalah setara dengan jumlah atam Carbon-12 dalam 0,012 kg C-12. 1 mol zat 6,025 x 10 23 N

    Besaran pokok tambahan:
    8.sudut bidang datar(rad) ,Satuan ukur adalah radian
    Rad adalah sudut bidang datar antara 2jari-jari lingkaran yang panjang busurnya sama dengan panjang jari-jarinya.

    9.sudut ruang(sr),Satuan ukur adalah steradian
    Sr adalah sudut ruang yang puncaknya berada dipusat bola,membentuk juring yg luasnya sama dengan kuadrat jari-jari bola.




    BalasHapus
  11. Nama : Riamin Natalisya br Pulungan
    NIM : 4151111079
    Jurusan : Pendidikan Matematika ( Dik D 2015 )
    No. Absen : 12

    Permisi, Pak. Saya akan menjawab pertanyaan yang telah Bapak berikan. Dan inilah jawaban dari saya.
    Dasar dasar Besaran Pokok :
    Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan tersendiri, telah ditetapkan terlebih dahulu, berdiri sendiri dan tidak tergantung pada satuan besaran lain.
    1. Panjang
    Satuan besaran panjang dalam SI adalah meter. Pada mulanya satu meter ditetapkan sama dengan panjang sepersepuluh juta (1/10.000.000) dari jarak kutub utara ke khatulistiwa melalui Paris. Meter standar ini disimpan di International Bureau of Weights and Measure di Sevres, dekat Paris.Oleh karena itu, pada tahun 1960 definisi satu meter diubah. Pada tahun 1983, Konferensi Internasional tentang timbangan dan ukuran memutuskan bahwa satu meter merupakan jarak yang ditempuh cahaya pada selang waktu (1/299792458) sekon.
    2. Massa
    Standar untuk satuan pokok massa dalam SI adalah kilogram (kg). Satu kilogram standar sama dengan massa sebuah silinder yang terbuat dari campuran platina-iridium. Massa standar disimpan di Sevres, Paris, Perancis. Massa satu kilogram standar mendekati massa 1 liter air murni pada suhu 4 drajat Celsius (4°C).
    3. Waktu
    Besaran waktu dinyatakan dalam satuan detik atau sekon dalam SI. Satu detik atau satu sekon didefinisikan sebagai 1/26400 kali satu hari rata-rata. Satu hari rata-rata sama dengan 24 jam = 24 jam x 60 (menit/jam ) x 60 (detik/menit) = 86400 detik.Jadi untuk definisi satu detik atau satu sekon yang terbaru, satu detik atau satu sekon adalah selang waktu yang diperlukan oleh atom cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali.
    4. Kuat Arus
    Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang disebabkan dari pergerakan elektron-elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu. Arus listrik dapat diukur dalam satuan Coulomb/detik atau Ampere. Satuan internasional untuk arus listrik adalah Ampere (A). Secara formal satuan Ampere didefinisikan sebagai arus konstan yang, bila dipertahankan, akan menghasilkan gaya sebesar 2 x 10-7 Newton/meter di antara dua penghantar lurus sejajar, dengan luas penampang yang dapat diabaikan, berjarak 1 meter satu sama lain dalam ruang hampa udara.
    5. Suhu
    Satuan kelvin didefinisikan oleh dua fakta yaitu nol kelvin dan nol absolut, dan satu kelvin adalah pecahan 1/273,16 dari suhu termodinamika.Kelvin dinamakan berdasarkan mana seorang fisikawan dan insinyur Inggris William Thomso 1st Baron Kelvin. Perkataan kelvin sebagai unit ditulis huruf kecil (k) kecuali dalam awal kalimat dan tidak pernah di ikuti kata dan simbol derajat, berbeda dengan fahrenheit dan celcius
    6. Jumlah Zat
    Mol adalah satuan dasar SI yang mengukur jumlah zat. Istilah "mol" pertama kali diciptakan oleh Wilhem Ostwald dalam bahasa Jerman pada tahun 1893, walaupun sebelumnya telah terdapat konsep massa ekuivalen seabad sebelumnya. Istilah mol diperkirakan berasal dari kata bahasa Jerman Molekül. Nama gram atom dan gram molekul juga pernah digunakan dengan artian yang sama dengan mol, namun sekarang sudah tidak digunakan.
    7. Intensitas Cahaya
    Intensitas cahaya adalah besaran pokok fisika untuk mengukur daya yang dipancarkan oleh suatu sumber cahaya pada arah tertentu per satuan sudut. Satuan SI dari intensitas cahaya adalah Candela (Cd). Dalam bidang optika dan fotometri (fotografi), kemampuan mata manusia hanya sensitif dan dapat melihat cahaya dengan panjang gelombang tertentu (spektrum cahaya nampak) yang diukur dalam besaran pokok ini.

    Sekian dan terimakasih, Pak

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Nama: Deni Tarigan
    NIM: 4152111042
    Kelas: Dik D 2015
    Nomor Absen: 28

    SEJARAH PENENTUAN BESARAN POKOK SI

    1. Satuan Panjang (meter) :
    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Panjang adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung. Panjang dapat dibagi menjadi tinggi, yaitu jarak vertikal, serta lebar, yaitu jarak dari satu sisi ke sisi yang lain, diukur pada sudut tegak lurus terhadap panjang benda. Dalam ilmu fisika dan teknik, kata “panjang” biasanya digunakan secara sinonim dengan “jarak”, dengan simbol “l” atau “L” (singkatan dari bahasa Inggris
    length).

    2. Satuan Massa (kilogram)
    Pada 1799, kilogram didefinisikan sebagai massa
    air pada 4 derajat celcius yang menempati 1 desimeter kubik. Namun kemudian ditemukan bahwa volume air yang diukur ternyata 1,000028 desimeter kubik, sehingga standar ini ditinggalkan pada 1889.
    Kilogram didefinisikan oleh sebuah benda silinder yang terbuat dari lempeng platina dan 10% indium pada ruang hampa di dekat paris.

    3. Satuan Waktu
    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti
    detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.

    4. Satuan Arus Listrik (ampere)
    Saat arus listrik mengalir lewat suatu kabel, maka bidang magnet akan berada di sekeliling kabel. Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.
    Pada zaman dulu, Arus konvensional didefinisikan sebagai aliran muatan positif, sekalipun kita sekarang tahu bahwa arus listrik itu dihasilkan dari aliran elektron yang bermuatan negatif ke arah yang sebaliknya.

    5. Satuan Temperature Termodinamis (Kelvin)
    Definisi dari temperature didasarkan pada diagram fase air, yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang didefinisikan sebagai 273,16 kelvin, kemudian nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin, sehingga 1 kelvin didefiniskan sebagai 1/273.16 dari temperature titik tripel air.

    6. Satuan Jumlah Zat (mol)
    mol adalah istilah yang digunakan sejak 1902, dan merupakan kependekan dari “gram-molecule”.
    1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain.
    Istilah "mol" pertama kali diciptakan oleh Wilhem Ostwald dalam bahasa Jerman pada tahun 1893, walaupun sebelumnya telah terdapat konsep
    massa ekuivalen seabad sebelumnya. Istilah
    mol diperkirakan berasal dari kata bahasa Jerman Molekül . Nama gram atom dan gram molekul juga pernah digunakan dengan artian yang sama dengan mol, namun sekarang sudah tidak digunakan.

    7. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)
    Satuan intensitas cahaya diperlukan untuk menentukan brightness (keterangan) dari suatu cahaya. Sebelumnya, lilin dan bola lampu pijar digunakan sebagai standar. Standar yang digunakan saat ini adalah sumber cahaya monokromatik (satu warna), biasanya dihasilkan oleh laser, dan suatu alat bernama radiometer digunakan untuk mengukur panas yang ditimbulkan saat cahaya tersebut diserap. Intensitas Cahaya adalah besaran pokok fisika untuk mengukur daya yang dipancarkan oleh suatu sumber cahaya pada arah tertentu per satuan sudut. Satuan SI dari intensitas cahaya adalah Candela (Cd).
    Trimakasih Pak.

    BalasHapus
  14. Nama : Rista Mora Siallagan
    NIM : 4151111081
    Kelas : DIK D
    Jurusan : Pend. Matematika
    Prodi : Pendidikan

    Selamat malam pak, saya akan menjawab pertanyaan bapak yang minggu lalu bapak berikan kepada kami yang pertanyaan nya tentang dasar-dasar besaran pokok.
    Jawabannya :

    A.PENGETIAN BESARAN POKOK

    Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditentukan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lainnya.
    B.MACAM-MACAM BESARAN POKOK

    1.Panjang(m)[L]

    Panjang adalah jarak antara dua titik di dalam ruang.Dalam SI satuan panjang adalah meter(m).Meter adalah satuan panjang internasional yang pertama,yang terbuat dari campuran bahan platina iridium,dan disimpan di The International Bureau Of Weinght and Measure.

    Pada tahun 1960,para ahli menetapkan bahwa satu meter sama dengan 1.650.763,73 kali panjang gelombang pancaran sinar jingga-merah dari atom kripton-86 dalam ruang hampa.Kemudian pada tahun 1983,meter kembali di definisi ulang dan bunyinya adlah:”Meter adalah panjang jalur yang dilalui oleh cahaya pada ruang hampa udara selama selang waktu: 1/299.792.458 sekonu.
    2.Massa(kg)[M]

    Massa adalah jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda.Dalam SI satuan massa adalah kilogram(kg).Satu kilogram adalah massa sebuah silinder logam yang terbuat dari campuran platina iridium yang disimpan di Lembaga berat dan Ukuran internasional di Paris,Prancis.Kilogram merupakan satu-satunya satuan Standar yang tidak bisa dipindahkan.Alat ukur satuan massa antara lain adalah:
    · Neraca Lengan,ada yang terdiri dari dua atau tiga lengan.
    · Neraca Kimia,biasa digunakan untuk mengukur massa yang kecil.
    · Neraca Elektronik/digital.
    3.Waktu(s)[T]

    Waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86.400 waktu satu hari yang didasarkan pada waktu perputaran bumi pada porosnya.Dalam SI satuan waktu adalah sekon(s).Untuk mendapatkan pengukuran waktu yang lebih teliti,sekarang orang lebih memilih menggunakan Jam Atom.jam ini diatur oleh gerakan atom tertentu misalnya cesium,dimana 1 detik adalah 9.192.631.770 periode getaran atom cesium-133.Alat ukur mengukur besaran waktu antara lain sebagai berikut:
    · Jam Matahari,Jam Pasir,Jam Air.
    · Arloji.
    · Stopwatch.
    4.Suhu(K)[ ]

    Suhu adalah ukuran yang derajat panas atau dinginnya suatu benda.Dalam SI satuan suhu adalah Kelvin(K).Definisi dari suhu didasarkan pada diagram fase air,yaitu posisi titik tripel air(suhu diamana 3 fase air berada bersamaan) yang di definisikan sebagai 273,16 Kelvin.kemudian,nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin,sehingga 1 Kelvin didefinisikan sebagai 1/273,16 dari temperatur(suhu) tripel air.Alat untuk mengukur suhu benda dengan tepat dan menyatakannya dalam angka disebut termometer.
    5.Kuat Arus Listrik(A)[I]

    Arus listrik adalah banyanya muatan listrik yang mengalir melalui satu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu.Dalam SI satuan kuat arus listrik adalah Ampere(A).Saat arus listrik mengalir melalui satu kabel maka bidang magnet berada di sekeliling kabel.
    Pada tahun 1948,Ampere didefinisikan dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.Alat ukur untuk mengukur kuat arus listrik adalah Ampere meter.

    6.Jumlah Zat(mol)[N]

    Jumlah Zat satuannya dalam SI adalah molekul(mol).Mol adalah istilah yang digunakan sejak 1902 dan merupakan kependekan dari”gram-molecule”.Satu mol didefinisikan sebagai zat suatu sistem yang mengandung “entitas elementer”(atom,molekul,ion,elektron) sebanyak atom-atom yang berada dalam 12 gram karbon-12.Bilangan ini disebut bilangan Avogadro yaitu G.0221367*1023.
    7.Intensitas Cahaya(Cd)[J]


    Satuan intensitas cahaya adalah Candela(Cd).Candela adalah intensitas cahaya suatu sumber cahaya yang memancarkan radiasi manokromatik pada frekuensi 540*1012 hertz dengan intensitas radiasi sebesar 1/685 watt per Steradran dalam arah tersebut.

    BalasHapus
  15. Nama: Martin Brando Pohan
    NIM: 4153111045
    Kelas: Matematika Dik D

    Selamat malam Pak ini jawaban saya tentang Pengertian Besaran Pokok

    1) Satuan Panjang adalah Meter (m)
    Satu meter didefinisikan sebagai 1.650.761,73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom gas atom Krypton di dalam ruang hampa dalam suatu loncatan listrik. Kelebihan dari penggunaan gelombang cahaya Krypton adalah mudah dibuat ulang dengan ketelitian yang tinggi, mencapai 1/108. Sebelum penggunaan sinar Krypton, pernah digunakan “meter standard” yang terbuat dari platina iridium. Meter didefinisikan jarak antara dua goresan pada meter standar sehingga jarak dari kutub utara ke katulistiwa melalui paris adalah 10.000.000 m (10 juta m).Penggunaan sinar krypton ternyata belum cukup. Kemudian ditemukan definisi meter yang lebih teliti dengan menggunakan laju cahaya dalam vakum. Definisi meter adalah jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam vakum dalam selang waktu 1/299.792.458 s dengan ketelitian hingga 4/109.Maka,dapat disimpulkan bahwa 1 meter = 1.650.763,73 kali panjang gelombang cahaya isotop krypton -86.

    2) Satuan Massa adalah Kilogram (Kg)
    Yang menjadi standar satuan kilogram adalah kilogram standard yang disimpan di lembaga Timbangan dan Ukuran International. Dengan teknik pengukuran modern, kilogram standard dapat dibuat ulang dengan ketlitian 1/108.Maka,dapat disimpulkan bahwa 1 kg = 1 liter air murni yang suhunya 40 derajat Celcius.

    3) Satuan Waktu adalah Sekon (s)
    Satuan waktu telah diatomkan. Satu sekon didefinisikan sebagai selang waktu yang diperlukan oleh atom sesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali dalam transisi antar duat tingkat energi di tingkat energi dasar. Satuan sekon dapat dibuat atau diproduksi ulang dengan ketelitian 1/1012.Maka,dapat disimpulkan bahwa 1 detik = waktu dari 9192631770 periode radiasi.

    4) Satuan Kuat Arus Listrik adalah Ampere (A)
    Satu ampere didefinisikan kuat arus tetap yang jika dialirkan melului dua buah kawat yang sejajar dan sangat panjang dengan tebal yang dapat diabaikan dan diletakkan pada jarak pisah 1 meter dalam kondisi vakum akan menghasilkan gaya 2×10-7 newton pada setiap meter kawat.Maka,dapat disimpulkan bahwa A = gaya antara dua konduktor sebesar 2.10-7 Newton per meter.

    5) Satuan suhu adalah Kelvin (K)
    Yang menjadi satuan standar suhu termodinamika adalah kelvin bukan celcius. Satuan yang disingkat dengan huruf K ini didefinisikan sebagai 1/273,16 kali suhu termodinamika titik tripel air (titik tripel air = 273,16). Titik tripel air ini adalah suhu di mana air murni berada pada keadaan seimbang antara es dengan uap jenuhnya.Maka,dapat disimpulkan bahwa K = satuan suhu termodinamika = 1/273,16 dari suhu titik triple air.

    6) Satuan Intensitas Cahaya adalah Kandela (C)
    Satuan ini didefinisikan intensitas cahaya dari suatu sumber cahaya uang memancarkan radiasi monokromatik pada frekuensi 540 x 1012. hertz dengan intensitas radiasi sebesar 1/683 watt per steradian dalam arah tersebut.

    7) Satuan Jumlah Zat adalah Mole (mol)
    Mole atau yang disingkat (mol) alah jumlah zat yang mengandung unsur elementer zat tersebut dalam jumlah sebanyak jumlah atom karbon dalam 0,012 kg karbon-12.

    8) Sudut Bidang Datar satuannya adalah Radian (rad)
    Dimana,Rad adalah sudut bidang datar antara dua jari-jari lingkaran yang panjang busurnya sama dengan panjang jari-jarinya.

    9) Sudut Bidang Ruang adalah Steradian (sr)
    Dimana,Sr = sudut ruang yang puncaknya berada di pusat bola, membentuk juring yang luasnya sama dengan kuadrat jari-jari bola (r2).

    Sekian Pak atas perhatian Bapak saya ucapkan Terima Kasih.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. ASSALAMU'ALAIKUM Wr. Wb.
    NAMA : ERNI PRIHARTINI
    NIM : 4152111044
    KELAS:DIK D 2015

    Dasar-Dasar Besaran Pokok :
    1. Panjang (L)
    adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung. Panjang dibagi menjadi tinggi, yaitu jarak vertikal, serta lebar, yaitu jarak dari satu sisi ke sisi yang lain, diukur pada sudut tegak lurus terhadap panjang benda. Meter pada awalnya ditetapkan oleh Akademi Sains Perancis (Académie des sciences) sebagai 1/10.000.000 jarak sepanjang permukaan Bumi dari Kutub Utara hingga Khatulistiwa melalui meridian Paris pada tahun 179.Satu meter didefinisikan sebagai jarak dua goresan pada batang ketika bersuhu 0ºC.
    2.Massa ( M )
    Merupakan konsep utama dalam mekanika klasik dan subyek lain yang berhubungan.Pada satuan SI massa dinyatakan dalam satuan kilogram (kg), didefinisikan sebagai massa sebuah silinder platina-iridium tertentu disimpan di Biro Internasional Poids et Mesures di Sèvres, Perancis. Penggunaan bahan platinum-iridium sebagai standar 1 kilogram karena merupakan bahan yang stabil. Kilogram (kg), adalah satuan unit SI untuk massa.1 gr didefinisikan sebagai 1/1000 kg.
    3. Waktu ( T )
    General Conference on Weights and Measures mendefinisikan detik dari waktu atom dalam International System of Units (SI) sebagai durasi sepanjang 9.192.631.770 periode dari radiasi sehubungan dengan transisi antara dua hyperfine level dari ground state dari atom caesium-113 yang diam pada temperatur 0 K.
    4. Suhu ( K )
    Satuan internasional untuk suhu adalah Kelvin (K). Definisi dari suhu didasarkan pada diagram fase air,yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang di definisikan sebagai 273,16 Kelvin,kemudian,nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin,sehingga 1 Kelvin didefinisikan 1/273,16 dari temperatur(suhu) tripel air.
    5. Kuat Arus Listrik
    Menyatakan jumlah muatan listrik yang melewati suatu penghantar (konduktor) setiap satuan waktu. Satuan kuat arus listrik adalah ampere atau disingkat A. Kuat arus listrik dikatakan 1 ampere jika muatan sebesar 1 coloumb mengalir dalam kawat konduktor setiap sekon. Berdasarkan Hukum Ohm, 1 ampere adalah besar kuat arus listrik yang mengalir pada kawat konduktor dengan hambatan 1 ohm dan beda potensial 1 volt. Berdasarkan terjadinya gaya Lorentz, 1 ampere adalah kuat arus listrik pada dua kawat sejajar yang berjarak 1 m dan menyebabkan gaya Lorentz sebesar 2 × 10-7 N, dan kedua arus searah.
    6. Jumlah zat
    Ketetapan standart internasional menetapkan jumlah zat adalah mol.Ketetapan satu mol standar yaitu satu mol dapat didefinisikan 1 mol menyatakan jumlah partikel dalam suatu zat yang sama jumlahnya dengan banyaknya partikel dalam 12 gram atom C-12 (karbon-12). Jumlah partikel/atom dalam 12 gram atom C-12 adalah 6,02 × 1023 partikel. Jumlah partikel ini disebut tetapan Avogadro dan dinyatakan dengan huruf L.
    7. Intensitas Cahaya
    adalah banyaknya fluks cahaya yang menembus bidang setiap satuan sudut ruang. Satuan intensitas cahaya adalah Candela (Cd). Kandela menyatakan energi cahaya per waktu (daya) setiap satu satuan sudut ruang. Satu kandela standar adalah Intensitas sebuah sumber cahaya dalam arah tegak lurus dengan permukaaan benda hitam sluas 1/600 000 meter persegi pada temperature beku platinum dalam tekanan 101 325 newton per meter persegi (1 atm).

    BalasHapus
  19. NAMA : ERNI PRIHARTINI
    NIM : 4152111044
    KELAS : DIK D 2015
    8. Sudut Bidang Datar
    Radian adalah satuan sudut bidang datar dalam Satuan Internasional. Satu radian adalah sudut yang dibentuk oleh dua jari-jari lingkaran dimana panjang busur di depan sudut tersebut sama dengan panjang jari-jari lingkaran. Karena keliling lingkaran adalah 2π.r, maka besar sudut sebuah lingkaran sama dengan 2 π radian dan jika besar sudut 1 (satu) keliling lingkaran = 360⁰, maka 2 π radian = 360⁰ sehingga 1 radian = 360⁰/2π. Jadi 1 radian = 53,3248 = 53⁰ 19’ 29,43”
    9. Sudut Bidang Ruang
    Satuan Internasional menetapkan Steradian (sr) sebagai standar ukur sudut bidang ruang. Steradian = sudut ruang yang puncaknya berada di pusat bola, membentuk juring yang luasnya sama dengan kuadrat jari-jari bola. Steradian itu, seperti radian, adalah berdimensi, dasarnya karena sudut yang solid adalah rasio antara daerah tersubstansi dan kuadrat jarak dari titik tersebut, baik pembilang dan penyebut dari rasio ini telah panjang dimensi kuadrat (yaitu, L² / L² = Φ - tidak ada unit).

    Terima Kasih atas perhatian Bapak
    Wassalmu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Nama : Poibe Renatha Yudhihana
    NIM : 4151111073
    KELAS : Matematika Dik.D 2015
    NO.ABSEN : 06

    ASAL-USUL SATUAN BESARAN POKOK (SI)

    1. Satuan Panjang (meter)
    Meter pada awalnya ditetapkan oleh Akademi Sains Prancis sebagai 1/10.000.000 jarak sepanjang bumi dan kutub utara hingga Khatulistiwa melalui Meridian Paris pada tahun 1791, dan pada tahun 1795 perancis menggunakan meter sebagai jarak resmi untuk panjang. Ketidakpastian dalam mengukur jarak tersebut menyebabkan biro berat dan ukuran Internasional menetapkan satu meter adalah jarak antara dua garis pada batang platinum-iridium yang disimpan di Sevres Perancis tahun 1889.
    Pada tahun 1960 hingga 1970, ketika laser di perkenalkan Konferensi umum tentang berat dan ukuran ke-11 mengganti definisi meter sebagai 1.650.763,63 kali panjang gelombang spektrum cahaya oranye-merah atom krypton-86 dalam sebuah ruangan vakum. Pada tahun 1983, BIPM menentukan meter sebagai jarak yang dilalui cahay melalui vakum pada 1/299.792.458 detik kecepatan cahaya ditetapkan sebesar 299.792.458 meter per detik. Oleh karena itu kecepatan cahaya dalam vakum dimana saja adalah sama. Devinisi ini adalah lebih universal dibandingkan jarak ukur lilit bumi atau panjang batang logam tertentu.
    Pada tahun 1120 raja Inggris yaitu Henry 1 secara pribadi menggunakan hitung dan jempolnya untuk menetapkan standar satuan panjang, kemudian memutuskan bahwa standar panjang di negara itu akan diberi nama yard (3 kaki) dan akan sama dengan jarak dari ujung hidung ke ujung lengan.
    Meter asal kata dari Yunani yaitu metron yang berarti ukuran

    2. Satuan waktu (detik)

    Sebelum adanya pengukuran waktu modern seperti zaman sekarang, arloji dan stopwatch waktu diukur menggunakan jam matahari dan jam pasir, waktu diukur abad, tahun, bulan, minggu, jam, menit, dan sekon atau sekon. Sebelum tahun1967, satu sekon ditetapkan sama dengan(1/60) (1/60) (1/24) atau dengan 1/86400 hari. Jadi 1 sekon adalah 1/86400 hari.
    Akan tetapi dari kemudian hari diketahui bahwa waktu edar matahari rata-rata itu berubah dari tahun ke tahun sehingga pada tahun 1967 ditetapkan waktu standar satu sekon adalah waktu yang diperlukan oleh atom sesium-33 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali periode getaran radiasi dari atom sesium.

    3. Satuan Massa (kilogram)

    Pada Satuan Internasional massa dinyatakan dalam satuan koligram. Didefinisikan sebagai massa sebuah silinder platina-iridium tertentu disimppan di Biro Internasional Poids et Mesures di Sevres, Perancis. Standar ini ditetapkan pada tahun 1887. Penggunaan bahan platinum-iridium sebagai standar satu kilogram karena merupakan bahan yang stabil.

    BalasHapus
  23. 4. Satuan Temperatur (kelvin)

    Skala kelvin adalah skala suhu dimana nol absolut di definisikan sebagai 0 K. Kelvin adalah salah satu dari tujuh unit dasar SI. Satuan kelvin didefinisikan oleh dua fakta yaitu nol kelvindan nol absolut, dan satu kelvin adalah pecahan 1/273,16 dari suhu termodinamika. Skala suhu celcius sekarang didefinisikan kelvin.
    Kelvin dinamakan berdasarkan mana seorang fisikawan dan insinyur Inggris William Thomso 1st Baron Kelvin. Perkataan kelvin sebagai unit ditulis huruf kecil (k) kecuali dalam awal kalimat dan tidak pernah di ikuti kata dan simbol derajat, berbeda dengan fahrenheit dan celcius. Ini karena kedua skala tersebut adalah skala ukuran sementar kelvin adalah unit ukuran. Ketika kelvin diperkenalkan pada tahun 1954 di Konverensi umum Ukuran dan Berat ke-10, Resolusi 3, CR 79 namanya adalah derajat kelvin dan ditulis ᴼK, dan kata derajat dibuang pada tahu 1967.


    5. Satuan Arus (Ampere)

    Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Muatan listrik bisa mengalir melalui kabel atau penghantar listrik lainnya. Pada zaman dulu, Arus konvensional didefinisikan sebagai aliran muatan positif, sekalipun kita sekarang tahu bahwa arus listrik itu dihasilkan dari aliran elektron yang bermuatan negatif ke arah yang sebaliknya.
    Saat arus listrik mengalir lewat suatu kabel, maka bidang magnet akan berada di sekeliling kabel. Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.
    1 ampere adalah arus listrik konstan dimana jika terdapat dua kabel dengan panjang tak terhingga dengan circular cross section?? yang dapat diabaikan, ditempatkan dengan jarak 1 meter pada ruang hampa, akan menghasilkan gaya 2 x 107 newton per meter.
    Arus adalah banyaknya muatan yang mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu. Arus listrik dapat diukur dalam satuan detikatau Ampere . Contoh arus listrik dalam kehidupan sehari-hari berkisar dari yang sangat lemah dalam satuan mikroAmpere (μA) seperti di dalam jaringan tubuh hingga arus yang sangat kuat 1-200 kiloAmpere (kA) seperti yang terjadi pada petir . Dalam kebanyakan sirkuit arus searah dapat diasumsikan resistansi terhadap arus listrik adalah konstan sehingga besar arus yang mengalir dalam sirkuit bergantung pada voltase dan resistansi sesuai dengan hukum ohm.
    Arus listrik merupakan satu dari tujuh satuan pokok dalam . Satuan internasional untuk arus listrik adalah Ampere (A). Secara formal satuan Ampere didefinisikan sebagai arus konstan yang, bila dipertahankan, akan menghasilkan gaya sebesar 2 x 10-7 N/m di antara dua penghantar lurus sejajar, dengan luas penampang yang dapat diabaikan, berjarak 1 meter satu sama lain dalam ruang hampa udara.

    BalasHapus
  24. 6. Satuan Intensitas Cahaya (candela)

    Bagai cahaya, maka perlu menunggu sampai 1909 untuk melihat awal unufikasi di tingkat Internasional, ketika laboraturiun Amerika Serikat, Perancis, dan Inggris memutuskan untuk mengadopsi lilin internasional yang diwalili oleh lampu pilamen karbon. Jerman pada saat yang sama, tinggal dengan lilin Hefner, ditetapkan oleh standar api, dan setara dengan sekitar 9/10 lilin Internasional. Tapi standar dengan menggunakan lampu pijar dan akibatnya bergantung pada stabilitas mereka tidak akan pernah memuaskan dan oleh karena itu, bisa hanya sementara. Disisi lain sifat hitam yang disediakan secara teoritis sempurna, dan pada awal 1933, prinsip diadopsi bahwa unit fotometrik baru akan didasarkan kepada emisi bercahaya hitam di suhu beku besi platina (2045 K).
    Sebelum intensitas cahaya berdasarkan filamen api atau pijar digunakan di berbagai negara tahun 1948, awal digantikannya lilin baru berdasarkan luminasi radiator hitam a pada suhu beku platinum. Modifikasi ini telah disiapkan oleh Komisi internasional tentang Penerangan dan oleh CIPM sebelim 1937, dan telah di umumkan oleh CIPM pada tahun 1946. Saaat ini diratifikasi pada tahun 1948 oleh CGPM 9 yang mengadopsi nama internasional baru untuk unit ini yang candela pada tahu 1967 CGPM ke-13 memberi perubahan dari definisi 1946.
    Pada tahun 1979 karena kesulitan eksperimental dalam mewujudkan radiator Plank pada suhu tinggi dan kemungkinan-kemungkinan baru yang ditawarkan oleh radiometri, yaitu pengukuran daya radiasi optik, mengadopsi definisi baru candela.

    7. Satuan Jumlah Zat (mole)

    Mol adalah satuan dasar SI yang mengukur jumlah zat. Istilah mol pertama kali diciptakan oleh Wilhem Ostwald dalam bahasa Jerman pada tahun 1893, walaupun sebelumnya telah terdapat konsep massa equivalan seabad sebelumnya. Istilah mol diperkirakan berasal dari kata bahasa Jerman molekul. Nama gram atom dan gram molekul juga pernah digunakan dengan artian yang sama dengan mol tetapi unutk sekarang ini sudah tidak digunakan lagi.
    Satuan mol didefinisikan sebagai jumlah zat suatu sistem yang mengandung entitas elemeter sebanyak atom-atom yang berda pada 12 gram karbon-12.
    Terdapat miskonsepsi yang umum bahwa mol didefinisikan menurut tetapan Avogadro (juga disebut "bilangan Avogadro"). Namun kita tidak perlulah mengetahui jumlah atom ataupun molekul yang ada dalam suatu zat untuk menggunakan satuan mol, dan sebenarnya pula pengukuran jumlah zat dilakukan pertama kali sebelum adanya teori atom modern. Definisi mutakhir mol disepakati pada tahun 1960-an. Sebelumnya, definisi mol didasarkan pada berat atom hidrogen, berat atom oksigen, dan massa atom relativ oksigen-16. Keempat definisi ini memiliki tingkat perbedaan yang lebih kecil dari 1%.
    Metode yang paling umum untuk mengukur jumlah zat adalah dengan mengukur massanyadan kemudian membagi nilai massanya dengan massa molar zat tersebut.Massa molar dapat dihitung dengan mudah dari nilai tabulasi bobot atom dan tetapan massa molar (didefinisikan sebagai 1 g/mol). Metode lainnya meliputi penggunaan volume molar ataupun pengukuran muatan listrik.

    BalasHapus
  25. 8. Sudut Bidang Datar
    Radian adalah satuan sudut bidang datar dalam Satuan Internasional. Satu radian adalah sudut yang dibentuk oleh dua jari-jari lingkaran dimana panjang busur di depan sudut tersebut sama dengan panjang jari-jari lingkaran. Karena keliling lingkaran adalah 2π.r, maka besar sudut sebuah lingkaran sama dengan 2 π radian dan jika besar sudut 1 (satu) keliling lingkaran = 360⁰, maka 2 π radian = 360⁰ sehingga 1 radian = 360⁰/2π. Jadi 1 radian = 53,3248 = 53⁰ 19’ 29,43”

    9. Sudut Bidang Ruang
    Satuan Internasional menetapkan Steradian (sr) sebagai standar ukur sudut bidang ruang. Steradian = sudut ruang yang puncaknya berada di pusat bola, membentuk juring yang luasnya sama dengan kuadrat jari-jari bola. Steradian itu, seperti radian, adalah berdimensi, dasarnya karena sudut yang solid adalah rasio antara daerah tersubstansi dan kuadrat jarak dari titik tersebut, baik pembilang dan penyebut dari rasio ini telah panjang dimensi kuadrat (yaitu, L² / L² = Φ - tidak ada unit).

    Sekian hasil dari tugas yang saya kerjakan,lebih dan kurangnya saya mohon maaf. Dan atas perhatian bapak saya mengucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  26. Nama : Monica Yulianti
    NIM : 4153111046
    Prodi : Pendidikan Matematika
    Kelas : DIK D 2015
    No absen : 39
    Selamat Malam Pak.
    Saya akan menjawab pertanyaan bapak mengenai dasar dasar satuan besaran pokok.Dan ini adalah jawaban saya.

    1. Massa (Kilogram)
    Asal mula: 1 kilogram adalah massa 1 liter air (1 m3).
    Definisi sekarang : 1 kilogram adalah massa sesuai suatu prototype (silinder platina iridium) yang disimpan di Poids et Mesures di Sevres, Perancis.

    2. Panjang ( Meter)
    Asal mula: 1 meter adalah 1 ⁄ 10,000,000 dari jarak garis khatulistiwa ke kutub utara, diukur melewati meridian Paris.
    Definisi sekarang : 1 meter panjang jalur yang dilewati cahaya pada hampa udara selama 1/299,792,458 detik

    3. Waktu (detik)
    Asal mula : 1 detik adalah 1/86400 hari. Satu hari dibagi menjadi 24 jam, setiap jam dibagi menjadi 60 menit, setiap menit dibagi 60 detik. Maka, satu detik adalah 1/86400 hari.
    Definisi sekarang: 1 detik adalah waktu yang diperlukan oleh atom cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali periode getaran radiasinya dalam transisi antara dua tingkat energi di tingkat energi dasarnya.

    4. Temperatur (Kelvin)
    Asal mula : 1 kelvin adalah skala temperatur termodinamika, sama dengan skala celcius dengan penambahan rentang nilainya. (nilai suhu nol mutlak atau absolute zero adalah 0oK).
    Definisi sekarang : 1 kelvin adalah skala temperatur termodinamika, 1/273.16 dari temperatur triple point air (triple point adalah titik dimana air murni berada di kondisi seimbang es dan uap jenuh, yaitu 0oC). 0oC setara dengan 273.16 oK.

    5. Jumlah zat (Mol)
    Asal mula : 1 mol adalah berat atom atau berat molekul dibagi konstanta massa molar (1 g/mol)
    Definisi sekarang : 1 mol adalah jumlah zat suatu sistem yang berisi entitas elementer (atom, molekul, ion, elektron) sebanyak atom-atom dalam 0.012 gram karbon 12. Ketika mol digunakan, entitas dasar harus ditentukan dan mungkin atom, molekul, ion, elektron, partikel lain, atau kelompok tertentu dari partikel tersebut.

    6. Arus Listrik (Ampere)
    Asal mula : 1 ampere adalah arus yang dibutuhkan untuk mendepositkan 1.118 miligram perak per detik dari senyawa silver nitrate. Dibandingkan dengan satuan ampere SI, perbedaannya 0.015%.
    Definisi sekarang : 1 ampere adalah arus konstan pada dua penghantar paralel lurus dengan panjang tak terbatas, luas penampang yang diabaikan, diletakkan terpisah 1 meter pada ruang vakum. Diantara keduanya akan menghasilkan gaya 2 x 10-7 newton/meter.

    7. Intensitas Cahaya (Candela)
    Asal mula : 1 candela adalah intensitas cahaya yang dipancarkan lilin (candle) dari properti yang standar.
    Definisi sekarang : 1 candela adalah intensitas cahaya suatu sumber cahaya yang memancarkan radiasi monokromatik pada frekuensi 540 X 1012 hertz dengan intensitas radiasi sebesar 1/683 watt per steradian dalam arah tersebut.

    8. Sudut Bidang Datar
    asal mula :Radian adalah satuan sudut bidang datar dalam Satuan Internasional. Satu radian adalah sudut yang dibentuk oleh dua jari-jari lingkaran dimana panjang busur di depan sudut tersebut sama dengan panjang jari-jari lingkaran. Karena keliling lingkaran adalah 2π.r, maka besar sudut sebuah lingkaran sama dengan 2 π radian dan jika besar sudut 1 (satu) keliling lingkaran = 360⁰, maka 2 π radian = 360⁰ sehingga 1 radian = 360⁰/2π. Jadi 1 radian = 53,3248 = 53⁰ 19’ 29,43”

    9. Sudut Bidang Ruang
    asal mula:Satuan Internasional menetapkan Steradian (sr) sebagai standar ukur sudut bidang ruang. Steradian = sudut ruang yang puncaknya berada di pusat bola, membentuk juring yang luasnya sama dengan kuadrat jari-jari bola.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  27. Nama : Marco Trisetyo Hutasoit
    NIM : 4153111044
    Jurusan : Pend. Matematika
    Kelas : DIK D

    Ini jawaban saya pak.

    1.Standar besaran panjang
    Jadi 1 meter untuk pertama kalinya distandarkan berdasarkan sepersepuluh juta jarak dari kutub utara ke katulistiwa yang melewati kota Paris di Prancis. Pada tahun 1889, dibuatlah sebuah meteran standar dari bahan paduan platinum – iridium (10%). Pada meteran standar ini dibuat 2 buah goresan dari emas yang digores pada suhu 0 derajat Celsius yaitu pada titik leleh es. Jarak antara 2 goresan inilah yang disebut sebagai 1 meter. Namun seiring perkembangn jaman, jarak 2 goresan ini masih memberikan angka ketidakpastian yang cukup besar sehingga pada tahun 1960 definisi 1 meter diganti dengan panjang gelombang radiasi isotop kripton-86. Kemudian pada tahun 1989 definisi 1 meter kembali diganti dengan jarak yang ditempuh oleh cahaya yaitu 1 meter adalah jarak yang ditempuh oleh cahayadiruang hampa selama 1 / 299.792.458 detik.

    2.Standar satuan massa
    Pada akhir abad ke 18 didefiniskan 1 kilogram adalah banyaknya massa air dengan volume 1 liter pada suhu 4 derajat Celsius. Kemudian pada tahun 1889 dibuatlah sebuah standar 1 kilogram dengan menggunakan bahan platinum-iridium (10%) dengan bentuk silinder yang disimpan secara khusus. Jadi 1 kilogram dideklarasikan sebagai massa yang terkandung di dalam silinder platinum-iridium ini.

    3.Standar satuan waktu
    Pada awalnya 1 detik didefinisikan sebagai 1/86.400 waktu matahari yang diukur melalui pengamatan astranomis yang sangat teliti dan lama. Namun ketidakberaturannya rotasi bumi sangat memperngaruhi hasil pengukuran waktu matahari ini. Pada tahun 1967 definisi 1 detik didefinisikan sebagai waktu perioda sebesar 9.192.631.770 dari radiasi atom Cesium 133 yang bertransisi diantara 2 hiperfine level dari ground state.

    4. Satuan Standar Kuat Arus Listrik
    Satuan kuat arus listrik dalam SI adalah ampere disingkat A. Berdasarkan Conference Generale des Poids et Measures (Konferensi Umum Timbangan dan Ukuran) ke 9 tahun 1948, ditetapkan bahwa 1 ampere adalah nilai kuat arus yang dialirkan dalam kuat arus yang dialirkan dalam dua kawat sejajar yang panjangnya tak terhingga dengan tebal diabaikan dan kedua kawat terpisah sejauh 1 meter dan menimbulkan gaya tarik sebesar 2 x 10 -7 N tiap meter panjang kawat.

    5. Standar Satuan Suhu
    Awalnya satuan standar suhu adalah derajat celcius,ditetapkan
    -titik lebur es 0 derajat celcius
    -titik didih es 100 derajat Celsius
    Mulai tahun 1954 telah ditetapkan standar satuan baru dalam satuan Kelvin (K).
    Satu kelvin didefinisikan sebagai satuan temperatur/suhu yang nilainya 1/(273,15) kali temperatur tripel air pada tekanan 1 atmosfer

    6. Standar Satuan Intensitas Cahaya.
    Awalnya satuan intensitas cahaya adalah lilin Inatuaternasional, tetapi tidak bertahan lama. Kemudian sejak tahun 1948 ditetapkan satuan standar intensitas cahaya yang baru yaitu candela disingkat cd.
    Berdasarkan Konferensi Umum Timbangan dan Ukuran Tahun 1979 ditetapkan bahwa 1 candela didefinisikan sebagai intensitas cahaya suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik pada frekuensi 54 x 10 13Hz dengan intensitas radiasi sebesar 1/683 watt per steradian dalam arah tersebut.

    7. Standar Satuan Jumlah Zat
    Istilah mol pertama kali diciptakan oleh Wilhem Ostwald pada tahun 1893, Satuan jumlah zat adalah mol. 1 mol adalah setara dengan jumlah atam Carbon-12 dalam 0,012 kg C-12. 1 mol zat 6,025 x 10 23 N

    Besaran pokok tambahan:
    8.sudut bidang datar(rad) ,Satuan ukur adalah radian
    Rad adalah sudut bidang datar antara 2jari-jari lingkaran yang panjang busurnya sama dengan panjang jari-jarinya.

    9.sudut ruang(sr),Satuan ukur adalah steradian
    Sr adalah sudut ruang yang puncaknya berada dipusat bola,membentuk juring yg luasnya sama dengan kuadrat jari-jari bola.

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

    Nama: Nuzirma Chania Siregar
    NIM: 4151111070
    Kelas: Matematika Dik D

    Dasar-dasar penetapan satuan besaran pokok:

    1. Satuan Panjang (meter)
    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Hasilnya diproduksi menjadi 3 batang platina dan beberapa batang besi. Karena selanjutnya diketahui bahwa pengukuran jarak dari kutub ke katulstiwa tidak akurat, maka pada 1960 standar ini ditinggalkan. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.

    2. Satuan Massa (kilogram)
    Pada 1799, kilogram didefinisikan sebagai massa air pada 4 derajat celcius yang menempati 1 desimeter kubik. Namun kemudian ditemukan bahwa volume air yang diukur ternyata 1,000028 desimeter kubik, sehingga standar ini ditinggalkan pada 1889.
    Kilogram didefinisikan oleh sebuah benda silinder yang terbuat dari lempeng platina dan 10% indium pada ruang hampa di dekat paris.

    3. Satuan Waktu (detik)
    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900.
    Pada 1967, definisi ini kembali diganti. Detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.

    4. Satuan Arus Listrik (ampere)
    Satu Ampere (A) adalah kuat arus tetap yang jika dialirkan melalui dua buah kawat yang sejajar dan sangat panjang, dengan tebal yang dapat diabaikan dan diletakkan pada jarak pisah 1 meter dalam vakum, menghasilkan gaya 2 X 10-7 newton pada setiap meter kawat.

    5. Satuan Temperature Termodinamis (Kelvin)
    Definisi dari temperature didasarkan pada diagram fase air, yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang didefinisikan sebagai 273,16 kelvin, kemudian nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin, sehingga 1 kelvin didefiniskan sebagai 1/273.16 dari temperature titik tripel air.

    6. Satuan Jumlah Zat (mol)
    1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain.
    Satu mol adalah sebagai jumlah atom dalam 12 gram karbon 12. bilangan ini disebut bilangan Avogadro, yaitu 6.0221367 x 1023

    7. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)
    Satuan intensitas cahaya diperlukan untuk menentukan brightness (keterangan) dari suatu cahaya. Sebelumnya, lilin dan bola lampu pijar digunakan sebagai standar. Standar yang digunakan saat ini adalah sumber cahaya monokromatik (satu warna), biasanya dihasilkan oleh laser, dan suatu alat bernama radiometer digunakan untuk mengukur panas yang ditimbulkan saat cahaya tersebut diserap.
    1 candela adalah intensitas cahaya pada arah yang ditentukan, dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 per detik, dan memiliki intensitas radian pada arah tersebut sebesar (1/683) watt per steradian.


    Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terimakasih.

    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh.

    BalasHapus
  29. Nama : Putri Sukma Utarii
    NIM : 4153111052
    Kelas : Matematika Dik D

    Assalamualaikum.

    Macam - macam Besaran Pokok
    1. Satuan Panjang (meter) :

    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Hasilnya diproduksi menjadi 3 batang platina dan beberapa batang besi. Karena selanjutnya diketahui bahwa pengukuran jarak dari kutub ke katulstiwa tidak akurat, maka pada 1960 standar ini ditinggalkan. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.


    2. Satuan Massa (kilogram)

    kilogram didefinisikan sebagai massa.
    air pada 4 derajat celcius yang menempati 1 desimeter kubik. Namun kemudian ditemukan bahwa volume air yang diukur ternyata 1,000028 desimeter kubik, sehingga standar ini ditinggalkan pada 1889.
    Kilogram merupakan satu2nya satuan standar yang tidak bisa dipindahkan. Tiruan2 telah dibuat dengan ketelitian mencapai 1/108part, namun metalurgi abad 19 belum baik, sehingga ketidakmurnian pada logam menyebabkan kesalahan sekitar 0.5 part per billion setiap tahunnya.

    3. Satuan Waktu (second)

    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti
    detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.

    4. Satuan Arus Listrik (ampere)

    Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.
    1 ampere adalah arus listrik konstan dimana jika terdapat dua kabel dengan panjang tak terhingga dengan circular cross section?? yang dapat diabaikan, ditempatkan dengan jarak 1 meter pada ruang hampa, akan menghasilkan gaya 2 x 107 newton per meter.

    5. Satuan Temperature Termodinamis (Kelvin)

    Definisi dari temperature didasarkan pada diagram fase air, yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang didefinisikan sebagai 273,16 kelvin, kemudian nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin, sehingga 1 kelvin didefiniskan sebagai 1/273.16 dari temperature titik tripel air.

    6. Satuan Jumlah Zat (mol)

    1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain.
    Kita dapat membayangkan satu mol sebagai jumlah atom dalam 12 gram karbon 12. bilangan ini disebut bilangan Avogadro, yaitu 6.0221367 x 1023.

    7. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)

    1 candela adalah intensitas cahaya pada arah yang ditentukan, dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 per detik, dan memiliki intensitas radian pada arah tersebut sebesar (1/683) watt per steradian.

    BalasHapus
  30. Trimakasih atas perhatian Bapak. Wassalam .

    BalasHapus
  31. Nama: Resika Rani
    NIM :4151111077
    Jurusan: Pendidikan Matematika
    Kelas : Dik D
    ini jawaban dari saya pak
    1.Panjang (Meter)
    Satuan Internasional untuk besaran pokok panjang adalah meter atau disingkat m. Berdasarkan sejarahnya, satu meter didefinisikan sebagai sepersepuluh juta kali jarak khatulistiwa dengan kutub utara sepanjang meridian yang melewati Paris. Namun, jarak ini selalu berubah dengan adanya pemampatan yang diakibatkan oleh gerak rotasi bumi. Kemudian, dibuatlah meter standar yang terbuat dari campuran platina-iridium yang tersimpan di Sevres dekat Paris, Perancis.
    Meter standar yang terbuat dari campuran platina iridium yang disimpan di Sevres dekat Paris.
    Perkembangan selanjutnya, para ahli juga menilai meter standar tersebut kurang teliti, mudah berubah, dan sulit didapatkan. Untuk itu, diperlukan meter standar dengan nilai yang tetap. Pada tahun 1960 ditetapkan satu meter standar sebagai berikut.
    1 meter standar = panjang gelombang yang dihasilkan oleh gas Kripton berwarna merah jingga untuk bergetar 1.650.763,73 kali.
    2. Massa (Kilogram)
    Dalam perjanjian internasional disepakati bahwa satuan internasional untuk massa adalah kilogram(kg).Penentuan 1 kilogram itu yaitu sama dengan massa kilogram standart.Satu kilogram standar adalah massa sebuah silinder yang terbuat dari platina-iridium yang disimpan di International Bureau of weights and measures di sevres dekat paris, Perancis
    Platina iridium
    3.Waktu ( Sekon)
    Keputusan internasional telah menetapkan bahwa satuan internasional untuk waktu adalah sekon atau disingkat s. Penentuan satu sekon itu seberapa besar yaitu diambil berdasarkan penelitian rotasi bumi rata-rata, Berdasarkan rotasi rata-rata ini ditetapkan bahwa satu sekon adalah 1/86.400 hari matahari rata-rata. Dalam pengamatan ahli astronomi, waktu ini kurang tepat karena adanya pergeseran. Pada tahun 1967 digunakan standar waktu yang diukur berdasarkan getaran atom cesium-133. Standar waktu yang didasarkan pada getaran atom cesium ini diterima sebagai standar internasional oleh Konferensi Umum mengenai Berat dan Ukuran ketiga belas.
    1 sekon didefinisikan sebagai waktu yang diperlukan atom cesium-133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali.
    4.Suhu (Kelvin)
    Dalam ketetapan internasional,satuan internasional untuk suhu adalah Kelvin(K). Dalam hal ini ada dua standart untuk satu kelvin,yaitu Satu Kelvin standar adalah suhu yang dimiliki air yang memiliki komposisi isotop didefinisikan dengan tepat oleh jumlah rasio substansi berikut: 0.000 155 76 mol per, mol2H 1H, 0,000 379 9 mol 17O permol 16O, dan 0,002 005 2 mol 18O permol 16O.
    Yang kedua,Satu Kelvin standar adalah fraksi 1/273,16 dari suhu termodinamik air pada titik kesetimbangan sempurna ( titik tripel air ).
    5.Kuat arus listrik (ampere)
    Kuat arus listrik menyatakan jumlah muatan listrik yang melewati suatu penghantar (konduktor) setiap satuan waktu. Satuan kuat arus listrik adalah ampere atau disingkat A. Kuat arus listrik dikatakan 1 ampere jika muatan sebesar 1 coloumb mengalir dalam kawat konduktor setiap sekon. Berdasarkan Hukum Ohm, 1 ampere adalah besar kuat arus listrik yang mengalir pada kawat konduktor dengan hambatan 1 ohm dan beda potensial 1 volt. Sementara itu, berdasarkan terjadinya gaya Lorentz, 1 ampere adalah kuat arus listrik pada dua kawat sejajar yang berjarak 1 m dan menyebabkan gaya Lorentz sebesar 2 × 10-7 N, dan kedua arus searah.
    6.Jumlah Zat (mol)
    Ketetapan standart internasional menetapkan satuan internasional untuk banyaknya molekul zat adalah mol.Ketetapan satu mol standar itu berapa,yaitu satu mol dapat didefinisikan 1 mol menyatakan jumlah partikel dalam suatu zat yang sama jumlahnya dengan banyaknya partikel dalam 12 gram atom C-12 (karbon-12). Jumlah partikel/atom dalam 12 gram atom C-12 adalah 6,02 × 1023 partikel. Jumlah partikel atau atom ini disebut tetapan Avogadro dan dinyatakan dengan huruf L.

    BalasHapus
  32. 7.Intensitas cahaya (Candela)
    Intensitas cahaya adalah banyaknya fluks cahaya yang menembus bidang setiap satuan sudut ruang. Satuan intensitas cahaya adalah Candela. Kandela menyatakan energi cahaya per waktu (daya) setiap satu satuan sudut ruang.
    Satu kandela standar adalah Intensitas sebuah sumber cahaya dalam arah tegak lurus dengan permukaaan benda hitam sluas 1/600 000 meter persegi pada temperature beku platinum dalam tekanan 101 325 newton per meter persegi (1 atm)
    Besaran pokok tambahan:
    Sudut Datar: Satu radian standar adalah besarnya sudut datar antara jari – jari suau lingkaran yang memotong keliling lingkaran sehingga busur yang terbentuk panjangnya sama dengan jari – jari lingkaran
    Sudut Ruang: Satu steradian standar adalah sudut padat yang memiliki puncak sudut di pusat lingkaram, yang memotong luas permukaan lingkaran sehingga luasnya sama dengan luas persegi panjang dengan sisi yang panjangnya sama dengan jari – jari lingkaran.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  33. NAMA: RISA ANDINI
    NIM :4151111080
    JURUSAN: PENDIDIKAN MATEMATIKA
    Assalamualaikum.
    Pak saya ingin menjawab pertanyaan bapak minggu lalu dasar-dasar yang membuat besaran pokok.
    1. Satuan panjang(m)
    Satuan panjang berdasarkan SI dinyatakan dalam (meter),didefenisikan sebagai 1.650 761,73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh gas atom krynton di dalam ruang hampa dalam satuan loncatan listrik. Defenisi meter adalah jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam vakum selang waktu 1/299.7924.585 dengan ketelitian hingga 4/109, maka dapat disimpulkan bahwa 1meter=1.650.763.73 kali panjng gelombang cahaya isotop kripton.
    2. Satuan massa(m)
    Yang menjadi dasar satuan massa adalah kilogram. Yang disimpan dilembaga timbangan dan ukuran internasional dengan teknik pengukuran modern. Kilogram standar dapat dibuat ulang dengan ketelitian 1/108, maka dapat disimpulkan bahwa 1kg=1L air murni yang suhunya 40 derajad celsius.

    3. Satuan waktu (s)
    Satuan waktu awalnya didefenisikan sebagai 1/8648 dari waktu satu hari.namun karena rotasi bumi tidak konstant maka defnisi ini diganti menjadi 1/31556925,9747 dari tahun 1900.pada tahun 1967 defenisi ini diganti . detik adalah selang waktu dari 9.192.631 770 priode radiasi yang disebabkan transisi 2 atom

    4. Satuan arus listrik (A)
    Ampere didefenisikan pada 1948 dari dua kabel yang berarus listrik. 1 ampere adalah arus listrik konstant dimana jika terdapat dua kabel dengan panjang tak hingga. Dengan 1 meter pada ruang hampa akan menghasilkan gaya 2x107 newton per meter.

    5. Suhu (K)
    Defenisi dari suhu didasarkan pada diagram fase air yaitu posisi titik tripel air yang didefenisikan sebagai 273.16K, sehingga 1 kelvin sebagai 1/273.16 dari temprature suhu

    6. Jumlah zat(mol)
    Satuan mol didefenisikan sebagai jumlah zat suatu sistem yang mengandung entitas erlementer sebanyak atom-atom yang berada pada 12 gram karbon. Metode yang paling umum utuk mengukur massanya dan kemudian membagi nilai massa dengan massa dalam molar zat.

    7. Intensitas cahaya(cd)
    Tahun 1948 ditetapkan satuan standar intensitas cahaya adalah candela. Berdasarkan konferensi umum timbangan dan ukuran tahun 1979 di tetapkan 1 candela didefenisikan sebagai intensitas cahaya yang memancarkan sinar mnokromatik pada frekuensi 54x10 dengan intensitas radian 1/683 per steradian.
    STUAN TAMBAHAN
    8. Sudut datar(rad)
    Satuan ukurannya adalh radian 2 jri-jari lingkaran yang panjang busurnya sama dengan panjang jari-jarinya.

    9. Sudut ruang (sr)
    Berada di pusat bola membuat juring yang luasnya sama dengan kuadrad jari-jarinya.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Nama : Magdalena Sagala
    NIM : 4153111043
    Jurusan : Pendidikan Matematika
    Kelas : Dik D
    Selamat pagi pak, saya akan menjawab pertanyaan bapak tentang dasar besaran pokok
    Dasar-dasar Besaran Pokok
    1. Satuan Panjang (meter)
    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.
    Panjang adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung. Panjang dapat dibagi menjadi tinggi, yaitu jarak vertikal, serta lebar, yaitu jarak dari satu sisi ke sisi yang lain, diukur pada sudut tegak lurus terhadap panjang benda.
    2. Satuan Massa (kilogram)
    Kilogram didefinisikan sebagai massa air pada 4 derajat celcius yang menempati 1 desimeter kubik. Namun kemudian ditemukan bahwa volume air yang diukur ternyata 1,000028 desimeter kubik, sehingga standar ini ditinggalkan pada 1889. Massa adalah sifat fisika dari suatu benda, yang secara umum dapat digunakan untuk mengukur banyaknya materi yang terdapat dalam suatu benda.
    3. Satuan Waktu (sekon)
    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.
    4. Satuan Arus Listrik (ampere)
    Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik. 1 ampere adalah arus listrik konstan dimana jika terdapat dua kabel dengan panjang tak terhingga dengan circular cross section yang dapat diabaikan, ditempatkan dengan jarak 1 meter pada ruang hampa, akan menghasilkan gaya 2 x 107 newton per meter. Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu.
    5. Satuan Temperature Termodinamis (Kelvin)
    Definisi dari temperature didasarkan pada diagram fase air, yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang didefinisikan sebagai 273,16 kelvin, kemudian nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin, sehingga 1 kelvin didefiniskan sebagai 1/273.16 dari temperature titik tripel air. Suhu menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu benda maka semakin panas benda tersebut.
    6. Satuan Jumlah Zat (mol)
    1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain. Satu mol didefinisikan sebagai jumlah zat suatu sistem yang mengandung "entitas elementer" (atom, molekul, ion, elektron) sebanyak atom-atom yang berada dalam 12 gram karbon-12.
    7. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)
    Standar yang digunakan saat ini adalah sumber cahaya monokromatik (satu warna), biasanya dihasilkan oleh laser, dan suatu alat bernama radiometer digunakan untuk mengukur panas yang ditimbulkan saat cahaya tersebut diserap.
    1 candela adalah intensitas cahaya pada arah yang ditentukan, dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 per detik, dan memiliki intensitas radian pada arah tersebut sebesar (1/683) watt per steradian.
    Intensitas Cahaya adalah besaran pokok fisika untuk mengukur daya yang dipancarkan oleh suatu sumber cahaya pada arah tertentu per satuan sudut. Satuan SI dari intensitas cahaya adalah Candela (Cd).

    Besaran pokok tambahan:
    8. Sudut bidang datar(rad)
    Satuan ukur adalah radian. Rad adalah sudut bidang datar antara 2jari-jari lingkaran yang panjang busurnya sama dengan panjang jari-jarinya.

    9. Sudut ruang(sr)
    Satuan ukur adalah steradian.
    Sr adalah sudut ruang yang puncaknya berada dipusat bola,membentuk juring yg luasnya sama dengan kuadrat jari-jari bola

    BalasHapus
  36. Nama : Magdalena Sagala
    NIM : 4153111043
    Jurusan : Pendidikan Matematika
    Kelas : Dik D
    Selamat pagi pak, saya akan menjawab pertanyaan bapak tentang dasar besaran pokok
    Dasar-dasar Besaran Pokok
    1. Satuan Panjang (meter)
    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.
    Panjang adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung. Panjang dapat dibagi menjadi tinggi, yaitu jarak vertikal, serta lebar, yaitu jarak dari satu sisi ke sisi yang lain, diukur pada sudut tegak lurus terhadap panjang benda.
    2. Satuan Massa (kilogram)
    Kilogram didefinisikan sebagai massa air pada 4 derajat celcius yang menempati 1 desimeter kubik. Namun kemudian ditemukan bahwa volume air yang diukur ternyata 1,000028 desimeter kubik, sehingga standar ini ditinggalkan pada 1889. Massa adalah sifat fisika dari suatu benda, yang secara umum dapat digunakan untuk mengukur banyaknya materi yang terdapat dalam suatu benda.
    3. Satuan Waktu (sekon)
    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.
    4. Satuan Arus Listrik (ampere)
    Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik. 1 ampere adalah arus listrik konstan dimana jika terdapat dua kabel dengan panjang tak terhingga dengan circular cross section yang dapat diabaikan, ditempatkan dengan jarak 1 meter pada ruang hampa, akan menghasilkan gaya 2 x 107 newton per meter. Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu.
    5. Satuan Temperature Termodinamis (Kelvin)
    Definisi dari temperature didasarkan pada diagram fase air, yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang didefinisikan sebagai 273,16 kelvin, kemudian nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin, sehingga 1 kelvin didefiniskan sebagai 1/273.16 dari temperature titik tripel air. Suhu menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu benda maka semakin panas benda tersebut.
    6. Satuan Jumlah Zat (mol)
    1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain. Satu mol didefinisikan sebagai jumlah zat suatu sistem yang mengandung "entitas elementer" (atom, molekul, ion, elektron) sebanyak atom-atom yang berada dalam 12 gram karbon-12.
    7. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)
    Standar yang digunakan saat ini adalah sumber cahaya monokromatik (satu warna), biasanya dihasilkan oleh laser, dan suatu alat bernama radiometer digunakan untuk mengukur panas yang ditimbulkan saat cahaya tersebut diserap.
    1 candela adalah intensitas cahaya pada arah yang ditentukan, dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 per detik, dan memiliki intensitas radian pada arah tersebut sebesar (1/683) watt per steradian.
    Intensitas Cahaya adalah besaran pokok fisika untuk mengukur daya yang dipancarkan oleh suatu sumber cahaya pada arah tertentu per satuan sudut. Satuan SI dari intensitas cahaya adalah Candela (Cd).

    Besaran pokok tambahan:
    8. Sudut bidang datar(rad)
    Satuan ukur adalah radian. Rad adalah sudut bidang datar antara 2jari-jari lingkaran yang panjang busurnya sama dengan panjang jari-jarinya.

    9. Sudut ruang(sr)
    Satuan ukur adalah steradian.
    Sr adalah sudut ruang yang puncaknya berada dipusat bola,membentuk juring yg luasnya sama dengan kuadrat jari-jari bola


    BalasHapus
  37. NAMA : YULANDARI
    NIM : 4152111041
    KELAS : MATEMATIKA DIK D 2015
    ABSEN : 27

    Assalamu’alaikum Wr.Wb

    a.Satuan Standar Panjang
    Satuan besaran panjang berdasarkan SI dinyatakan dalam meter (m). Ketika sistem metrik diperkenalkan, satuan meter diusulkan setara dengan sepersepuluh juta kali seperempat garis bujur bumi yang melalui kota Paris. Tetapi, penyelidikan awal geodesik menunjukkan adalah panjang yang sama dengan 1.650.763,73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom gas kripton-86 dalam ruang hampa pada suatu loncatan listrik. Definisi baru menyatakan bahwa satuan panjang SI adalah panjang lintasan yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama selang waktu 299.792.458 1sekon.
    Para ahli menetapkan lagi patokan panjang yang nilainya selalu konstan. Pada tahun 1960 ditetapkan bahwa satu meter adalah panjang yang sama dengan 1.650.763,73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom gas kripton-86 dalam ruang hampa pada suatu loncatan listrik. Definisi baru menyatakan bahwa satuan panjang SI adalah panjang lintasan yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama selang waktu 299.792.458 1sekon.
    Angka yang sangat besar atau sangat kecil oleh ilmuwan digambarkan menggunakan awalan dengan suatu satuan untuk menyingkat perkalian atau pembagian dari suatu satuan.
    b. Satuan Standar Massa
    Satuan standar untuk massa adalah kilogram (kg). Satu kilogram standar adalah massa sebuah silinder logam yang terbuat dari platina iridium yang disimpan di Sevres, Prancis. Silinder platina iridium memiliki diameter 3,9 cm dan tinggi 3,9 cm. Massa 1 kilogram standar mendekati massa 1 liter air murni pada suhu 4 oC.
    c. Satuan Standar Waktu
    Satuan SI waktu adalah sekon (s). Mula-mula ditetapkan bahwa satu sekon sama dengan 1/86.400rata-rata gerak semu matahari mengelilingi Bumi. Dalam pengamatan astronomi, waktu ini ternyata kurang tepat akibat adanya pergeseran, sehingga tidak dapat digunakan sebagai patokan. Selanjutnya, pada tahun 1956 ditetapkan bahwa satu sekon adalah waktu yang dibutuhkan atom cesium-133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali.
    d. Satuan standar arus listrik
    Satuan standar arus listrik adalah ampere (A). Satu ampere didefinisikan sebagai arus tetap, yang dipertahankan untuk tetap mengalir pada dua batang penghantar sejajar dengan panjang tak terhingga, dengan luas penampang yang dapat diabaikan dan terpisahkan sejauh satu meter dalam vakum, yang akan menghasilkan gaya antara kedua batang penghantar sebesar 2 × 10–7 Nm–1.
    e. Satuan Standar Suhu
    Suhu menunjukkan derajat panas suatu benda. Satuan standar suhu adalah kelvin (K), yang didefinisikan sebagai satuan suhu mutlak dalam termodinamika yang besarnya sama dengan 1/273,16dari suhu titik tripel air. Titik tripel menyatakan temperatur dan tekanan saat terdapat
    keseimbangan antara uap, cair, dan padat suatu bahan. Titik tripel air adalah 273,16 K dan 611,2 Pa. Jika dibandingkan dengan skala termometer Celsius, dinyatakan sebagai berikut:
    T = 273,16o + tc
    f. Satuan Standar Intensitas Cahaya
    Intensitas cahaya dalam SI mempunyai satuan kandela (cd), yang besarnya sama dengan intensitas sebuah sumber cahaya yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 × 1012 Hz dan memiliki intensitas pancaran 1/683watt per steradian pada arah tertentu.
    g. Satuan Standar jumlah Zat
    Satuan SI untuk jumlah zat adalah mol. Satu mol setara dengan jumlah zat yang mengandung partikel elementer sebanyak jumlah atom di dalam 1,2 10-2 kg karbon-12. Partikel elementer merupakan unsur fundamental yang membentuk materi di alam semesta. Partikel ini dapat berupa atom, molekul, elektron, dan lain-lain.

    Sekian dan terimakasih pak
    Wassalamu’alaikum

    BalasHapus
  38. Nama : Qonitah Sofira Matondang
    Nim : 4151111076
    No Urut 9
    Dasar – Dasar Memperoleh Besaran Pokok

    1. Satuan Internasional untuk Panjang
    Pada tahun 1983, Konferensi Internasional tentang timbangan dan ukuran memutuskan bahwa satu meter merupakan jarak yang ditempuh cahaya pada selang waktu 1/299792458 sekon. Penggunaan kecepatan cahaya ini, karena nilainya dianggap selalu konstan.
    2. Satuan Internasional untuk Massa
    Besaran massa dalam SI dinyatakan dalam satuan kilogram (kg). Pada mulanya para ahli mendefinisikan satu kilogram sebagai massa sebuah silinder yang terbuat dari bahan campuran Platina dan Iridium yang disimpan di Sevres, dekat Paris. Untuk mendapatkan ketelitian yang lebih baik, massa standar satu kilogram didefinisikan sebagai massa satu liter air murni pada suhu 4ºC.
    3. Satuan Internasional untuk Waktu
    Besaran waktu dinyatakan dalam satuan detik atau sekon dalam SI. Pada awalnya satuan waktu dinyatakan atas dasar waktu rotasi bumi pada porosnya, yaitu 1 hari. Satu detik didefinisikan sebagai 1/26400 kali satu hari rata-rata. Satu hari rata-rata sama dengan 24 jam = 24 x 60 x 60 = 86400 detik. Karena satu hari matahari tidak selalu tetap dari waktu ke waktu, maka pada tahun 1956 para ahli menetapkan definisi baru. Satu detik adalah selang waktu yang diperlukan oleh atom cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9192631770 kali.
    4. Satuan Internasional untuk Suhu
    Suhu adalah ukuran yang derajat panas atau dinginnya suatu benda.Dalam SI satuan suhu adalah Kelvin(K).Definisi dari suhu didasarkan pada diagram fase air,yaitu posisi titik tripel air(suhu diamana 3 fase air berada bersamaan) yang di definisikan sebagai 273,16 Kelvin.kemudian,nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin,sehingga 1 Kelvin didefinisikan sebagai 1/273,16 dari temperatur(suhu) tripel air.
    5. Satuan Internasional untuk Kuat Arus
    Arus listrik adalah banyanya muatan listrik yang mengalir melalui satu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu.Dalam SI satuan kuat arus listrik adalah Ampere(A).Saat arus listrik mengalir melalui satu kabel maka bidang magnet berada di sekeliling kabel.
    Pada tahun 1948,Ampere didefinisikan dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.Alat ukur untuk mengukur kuat arus listrik adalah Ampere meter.











    6.Jumlah Zat(mol)[N]

    Jumlah Zat satuannya dalam SI adalah molekul(mol).Mol adalah istilah yang digunakan sejak 1902 dan merupakan kependekan dari”gram-molecule”.Satu mol didefinisikan sebagai zat suatu sistem yang mengandung “entitas elementer”(atom,molekul,ion,elektron) sebanyak atom-atom yang berada dalam 12 gram karbon-12.Bilangan ini disebut bilangan Avogadro yaitu G.0221367*1023.
    6. Satuan Internasional Intensitas Cahaya
    Satuan intensitas cahaya adalah Candela(Cd).Candela adalah intensitas cahaya suatu sumber cahaya yang memancarkan radiasi manokromatik pada frekuensi 540*1012 hertz dengan intensitas radiasi sebesar 1/685 watt per Steradran dalam arah tersebut.

    BalasHapus
  39. Hukum fisika yang dinyatakan sebagai hubungan matematis antara jumlah fisik. Lord Kelvin (Willian Thomson) mengatakan bahwa “Bila Anda bisa mengukur apa yang Anda amati, dan mengekspresikannya dalam angka. Anda harus tahu tentang sesuatu hal itu, tetapi ketika Anda tidak dapat mengungkapkannya dalam angka, maka pengetahuan Anda adalah sedikit dan tidak memuaskan.”
    Awal mula diberlakukannya sistem satuan internasional adalah pada tahun 1790. Dimana pemerintah Perancis menyampaikan pengarahan kepada Akademi Ilmu pengetahuan Perancis untuk menggantikan semua system yang telah ada. Pada mulanya satuan-satuan pengukuran hanya dinyatakan dengan perasaan atau organ tubuh manusia, misalnya depah atau langkah kaki untuk alat atau satuan pengukuran panjang.
    Sebagai dasar pertama, para ilmuwan Perancis memutuskan bahwa semua (system yang umum (universal) dari berat dan ukuran tidak harus bergantung pada standar-standar acuan (referensi) yang dibuat oleh manusia, tetapi sebaliknya didasarkan pada ukuran – ukuran permanen yang diberikan oleh alam.

    Sebagai dasar kedua, mereka memutuskan bahwa semua satuan-satuan lainnya akan dijabarkan (diturunkan) dari ketiga satuan dasar yang telah disebutkan tersebut yaitu panjang, massa dan waktu.
    Selanjutnya, adalah prinsip ketiga, mereka mengusulkan bahwa semua pengalian dan pengalian tambahan dari satuan-satuan dasar adalah dalam system decimal, dan mereka merancang system awalan-awalan yang kemudian digunakan sampai sekarang.
    Pada tahun 1795 usulan akademi prancis ini dikabulkan dan diperkenalkan sebagai system satuan metrik. System metrik ini tersebar secara tepat kemana-mana dan akhirnya pada tahun 1875, tujuh belas Negara menandatangani apa yang disebut perjanjian meter (metre convention) yang membuat system satuan-satuan metrik menjadi system yang resmi. Walaupun Inggris dan Amerika Serikat termasuk yang menandatangani perjanjian tersebut, mereka hanya mengakuinya secara resmi dalam transaksi-transaksi internasional, tetapi tidak menggunakan system metric tersebut untuk pemakaian di dalam negeri.
    Inggris pada waktu itu telah bekerja dengan suatu system satuan listrik dan Asosiasi Pengembangan Ilmu pengetahuan Inggris (British Assosiation for the Advancement of Science) telah menetapkan cm (centimeter) sebagai satuan dasar untuk panjang dan gram sebagai satuan dasar untuk massa. Dari sini mulai dikembangkan sistem satuan centimeter-gram-sekon atau satuan sistem absolut CGS yang kemudian digunakan oleh seluruh fisikawan di dunia. Kesukaran muncul sewaktu sistem CGS tersebut akan dikembangkan untuk pengukuran-pengukuran listrik dan maknetik, sebab masih diperlukan paling sedikit satu satuan lagi.
    Kemudian pada tahun 1960 sebuah sistem yang lebih dimengerti dan telah diterima sebelumnya pada tahun 1954, diakui dengan diadakannya Konferensi Umum Berat dan Ukuran (Eleventh General Conference of Weights and Measures) ke-11 yang menetapkan enam besaran pokok yaitu Panjang (meter), Massa (kilogram), Waktu (detik), Arus Listrik (Ampere), Temperatur (Kelvin), dan Intensitas cahaya (Candela) dengan nama Sistem Internasional, SI.
    Kemudian pada tahun 1971, diadakan lagi konferensi Umum Berat dan Ukuran ke-14 (1971) untuk menetapkan tujuh besaran pokok yaitu Panjang (meter), Massa (kilogram), Waktu (detik), Arus Listrik (Ampere), Temperatur (Kelvin), Intensitas cahaya (Candela) dan Jumlah zat (mol) sebagai tambahan satuan dasar yang ketujuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Sheilla Zakia Nasution
      NIM: 4151111090
      Kelas: Dik D
      No.Urut: 21

      Assalamualaikum Wr.Wb
      Dasar-Dasar Besaran Pokok,

      1. Satuan Panjang (meter) :
      Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Hasilnya diproduksi menjadi 3 batang platina dan beberapa batang besi. Karena selanjutnya diketahui bahwa pengukuran jarak dari kutub ke katulstiwa tidak akurat, maka pada 1960 standar ini ditinggalkan. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.
      Panjang adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung. Panjang dapat dibagi menjadi tinggi, yaitu jarak vertikal, serta lebar, yaitu jarak dari satu sisi ke sisi yang lain, diukur pada sudut tegak lurus terhadap panjang benda. Dalam ilmu fisika dan teknik, kata “panjang” biasanya digunakan secara sinonim dengan “jarak”, dengan simbol “l” atau “L” (singkatan dari bahasa Inggris length).
      2. Satuan Massa (kilogram)
      pada 1799, kilogram didefinisikan sebagai massa
      air pada 4 derajat celcius yang menempati 1 desimeter kubik. Namun kemudian ditemukan bahwa volume air yang diukur ternyata 1,000028 desimeter kubik, sehingga standar ini ditinggalkan pada 1889.
      Kilogram didefinisikan oleh sebuah benda silinder yang terbuat dari lempeng platina dan 10% indium pada ruang hampa di dekat paris
      Kilogram merupakan satu2nya satuan standar yang tidak bisa dipindahkan. Tiruan2 telah dibuat dengan ketelitian mencapai 1/108part, namun metalurgi abad 19 belum baik, sehingga ketidakmurnian pada logam menyebabkan kesalahan sekitar 0.5 part per billion setiap tahunnya.
      Massa adalah sifat fisika dari suatu benda, yang secara umum dapat digunakan untuk mengukur banyaknya materi yang terdapat dalam suatu benda. Massa merupakan konsep utama dalam mekanika klasik dan subyek lain yang berhubungan.
      3. Satuan Waktu
      Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti
      detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.
      Waktu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung. Dalam hal ini, skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan/kejadian, atau bisa merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian. Tiap masyarakat memilki pandangan yang relatif berbeda tentang waktu yang mereka jalani. Sebagai contoh: masyarakat Barat melihat waktu sebagai sebuah garis lurus (linier). Konsep garis lurus tentang waktu diikuti dengan terbentuknya konsep tentang urutan kejadian. Dengan kata lain sejarah manusia dilihat sebagai sebuah proses perjalanan dalam sebuah garis waktu sejak zaman dulu, zaman sekarang dan zaman yang akan datang. Berbeda dengan masyarakat Barat, masysrakat Hindu melihat waktu sebagai sebuah siklus yang terus berulang tanpa akhir.
      4. Satuan Arus Listrik (ampere)
      Saat arus listrik mengalir lewat suatu kabel, maka bidang magnet akan berada di sekeliling kabel. Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.
      1 ampere adalah arus listrik konstan dimana jika terdapat dua kabel dengan panjang tak terhingga dengan circular cross section?? yang dapat diabaikan, ditempatkan dengan jarak 1 meter pada ruang hampa, akan menghasilkan gaya 2 x 107 newton per meter.
      Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Muatan listrik bisa mengalir melalui kabel atau penghantar listrik lainnya. Pada zaman dulu, Arus konvensional didefinisikan sebagai aliran muatan positif, sekalipun kita sekarang tahu bahwa arus listrik itu dihasilkan dari aliran elektron yang bermuatan negatif ke arah yang sebaliknya.

      Hapus
  40. LANJUTANNYA....
    5. Satuan Temperature Termodinamis (Kelvin)
    Definisi dari temperature didasarkan pada diagram fase air, yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang didefinisikan sebagai 273,16 kelvin, kemudian nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin, sehingga 1 kelvin didefiniskan sebagai 1/273.16 dari temperature titik tripel air.
    Suhu menunjukkan derajat panas benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Secara mikroskopis, suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Setiap atom dalam suatu benda masing-masing bergerak, baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan di tempat berupa getaran. Makin tingginya energi atom-atom penyusun benda, makin tinggi suhu benda tersebut.

    6. Satuan Jumlah Zat (mol)
    mol adalah istilah yang digunakan sejak 1902, dan merupakan kependekan dari “gram-molecule”.
    1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain.
    Kita dapat membayangkan satu mol sebagai jumlah atom dalam 12 gram karbon 12. bilangan ini disebut bilangan Avogadro, yaitu 6.0221367 x 1023
    Jumlah molekul, mol adalah satuan dasar SI yang mengukur jumlah zat. Istilah "mol" pertama kali diciptakan oleh Wilhem Ostwald dalam bahasa Jerman pada tahun 1893, walaupun sebelumnya telah terdapat konsep massa ekuivalen seabad sebelumnya. Istilah mol diperkirakan berasal dari kata bahasa Jerman Molekül. Nama gram atom dan gram molekul juga pernah digunakan dengan artian yang sama dengan mol, namun sekarang sudah tidak digunakan.
    Satu mol didefinisikan sebagai jumlah zat suatu sistem yang mengandung "entitas elementer" (atom, molekul, ion, elektron) sebanyak atom-atom yang berada dalam 12 gram karbon-12. Sehingga:

    satu mol besi mengandung sejumlah atom yang sama banyaknya dengan satu mol emas;
    satu mol benzena mengandung sejumlah molekul yang sama banyaknya dengan satu mol air;
    jumlah atom dalam satu mol besi adalah sama dengan jumlah molekul dalam satu mol air.

    7. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)
    Satuan intensitas cahaya diperlukan untuk menentukan brightness (keterangan) dari suatu cahaya. Sebelumnya, lilin dan bola lampu pijar digunakan sebagai standar. Standar yang digunakan saat ini adalah sumber cahaya monokromatik (satu warna), biasanya dihasilkan oleh laser, dan suatu alat bernama radiometer digunakan untuk mengukur panas yang ditimbulkan saat cahaya tersebut diserap.
    1 candela adalah intensitas cahaya pada arah yang ditentukan, dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 per detik, dan memiliki intensitas radian pada arah tersebut sebesar (1/683) watt per steradian.
    Intensitas Cahaya adalah besaran pokok fisika untuk mengukur daya yang dipancarkan oleh suatu sumber cahaya pada arah tertentu per satuan sudut. Satuan SI dari intensitas cahaya adalah Candela (Cd). Dalam bidang optika dan fotometri (fotografi), kemampuan mata manusia hanya sensitif dan dapat melihat cahaya dengan panjang gelombang tertentu (spektrum cahaya nampak) yang diukur dalam besaran pokok ini.

    Trimakasi... Pak.

    BalasHapus
  41. Nama : Masitah
    NIM : 4152111046

    Sistem Satuan Internasional
    Syarat-syarat Satuan Internasional sebagai berikut:
    • Satuan selalu tetap, artinya tidak mengalami perubahan karena pengaruh apapun, misalnya suhu, tekanan dan kelembaban.
    • Bersifat internasional, artinya dapat dipakai di seluruh negara.
    • Mudah ditiru bagi setiap orang yang akan menggunakannya.

    1. Satuan Internasional untuk Panjang
    pada tahun 1983, Konferensi Internasional tentang timbangan dan ukuran memutuskan bahwa satu meter merupakan jarak yang ditempuh cahaya pada selang waktu 1/299792458 sekon. Penggunaan kecepatan cahaya ini, karena nilainya dianggap selalu konstan.

    2. Satuan Internasional untuk Suhu
    satuan internasional (SI) untuk suhu adalah kelvin (K) karena dalam banyak pengukuran di bidang riset khususnya dalam bidang riset temperatur rendah satuan celcius, reamur, dan fahrenheit menggunakan angka nol dan minus dalam nilai temperatur sehingga menyulitkan perhitungan secara matematis, sehingga ditetapkan bahwa suhu terendah adalah 0 kelvin.

    3. Satuan Internasional untuk Massa
    Besaran massa dalam SI dinyatakan dalam satuan kilogram (kg).Untuk mendapatkan ketelitian yang lebih baik, massa standar satu kilogram didefinisikan sebagai massa satu liter air murni pada suhu 4ºC.

    4. Satuan Internasional untuk Waktu
    Besaran waktu dinyatakan dalam satuan detik atau sekon (s) dalam SI. Pada awalnya satuan waktu dinyatakan atas dasar waktu rotasi bumi pada porosnya, yaitu 1 hari. Karena satu hari matahari tidak selalu tetap dari waktu ke waktu, maka pada tahun 1956 para ahli menetapkan definisi baru. Satu detik adalah selang waktu yang diperlukan oleh atom cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9192631770 kali.

    5. Satuan Internasional untuk Arus Listrik
    Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang disebabkan dari pergerakan elektron-elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu. Satuan internasional untuk arus listrik adalah Ampere (A).
    Secara formal satuan Ampere didefinisikan sebagai arus konstan yang, bila dipertahankan, akan menghasilkan gaya sebesar 2 x 10-7 Newton/meter di antara dua penghantar lurus sejajar, dengan luas penampang yang dapat diabaikan, berjarak 1 meter satu sama lain dalam ruang hampa udara.

    6. Satuan Internasional untuk Intensitas Cahaya
    Intensitas cahaya adalah besaran pokok fisika untuk mengukur daya yang dipancarkan oleh suatu sumber cahaya pada arah tertentu per satuan sudut. Satuan SI dari intensitas cahaya adalah Candela (Cd). Dalam bidang optika dan fotometri (fotografi), kemampuan mata manusia hanya sensitif dan dapat melihat cahaya dengan panjang gelombang tertentu yang dapat diukur dalam besaran ini.

    7. Satuan Internasional untuk Jumlah Molekul
    Satuan internasional untuk jumlah molekul adalah Mol (Mol). Satu mol standar adalah Jumlah satuan elementer suatu benda dibandingkan dengan kuantitas atom di dalam 0,012 kg unsur karbon-12.

    BalasHapus
  42. assalamu'alaikum wr.wb
    Nama: putri kesuma darma
    NIM : 4151111074
    Dasar-dasar untuk membuat besaran pokok
    1. Satuan Panjang (meter) :
    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Hasilnya diproduksi menjadi 3 batang platina dan beberapa batang besi. Karena selanjutnya diketahui bahwa pengukuran jarak dari kutub ke katulstiwa tidak akurat, maka pada 1960 standar ini ditinggalkan. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.
    Panjang adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung.
    2. Satuan Massa (kilogram)
    pada 1799, kilogram didefinisikan sebagai massa
    air pada 4 derajat celcius yang menempati 1 desimeter kubik. Namun kemudian ditemukan bahwa volume air yang diukur ternyata 1,000028 desimeter kubik, sehingga standar ini ditinggalkan pada 1889.
    Kilogram didefinisikan oleh sebuah benda silinder yang terbuat dari lempeng platina dan 10% indium pada ruang hampa di dekat paris
    Kilogram merupakan satu2nya satuan standar yang tidak bisa dipindahkan.
    3.Satuan Waktu
    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti
    detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.
    4.Satuan Arus Listrik (ampere)
    Saat arus listrik mengalir lewat suatu kabel, maka bidang magnet akan berada di sekeliling kabel. Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.
    1 ampere adalah arus listrik konstan dimana jika terdapat dua kabel dengan panjang tak terhingga dengan circular cross section?? yang dapat diabaikan, ditempatkan dengan jarak 1 meter pada ruang hampa, akan menghasilkan gaya 2 x 107 newton per meter.
    5.Satuan Temperature Termodinamis (Kelvin)
    Definisi dari temperature didasarkan pada diagram fase air, yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang didefinisikan sebagai 273,16 kelvin, kemudian nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin, sehingga 1 kelvin didefiniskan sebagai 1/273.16 dari temperature titik tripel air.
    Suhu menunjukkan derajat panas benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut.
    6.Satuan Jumlah Zat (mol)
    mol adalah istilah yang digunakan sejak 1902, dan merupakan kependekan dari “gram-molecule”.
    1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain.
    bilangan Avogadro, yaitu 6.0221367 x 1023. Istilah "mol" pertama kali diciptakan oleh Wilhem Ostwald dalam bahasa Jerman pada tahun 1893,
    7. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)
    Satuan intensitas cahaya diperlukan untuk menentukan brightness (keterangan) dari suatu cahaya. Sebelumnya, lilin dan bola lampu pijar digunakan sebagai standar. Standar yang digunakan saat ini adalah sumber cahaya monokromatik (satu warna),
    1 candela adalah intensitas cahaya pada arah yang ditentukan, dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 per detik, dan memiliki intensitas radian pada arah tersebut sebesar (1/683) watt per steradian.
    terima kasih sebelumnya pak

    BalasHapus
  43. Assalammu’alaikum..
    Nama: Sari Devi Pratiwi
    Kelas: Pendidikan Matematika D ‘15
    NIM: 4151111089

    1.Satuan Panjang (meter)
    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.
    Panjang adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung. Panjang dapat dibagi menjadi tinggi, yaitu jarak vertikal, serta lebar, yaitu jarak dari satu sisi ke sisi yang lain, diukur pada sudut tegak lurus terhadap panjang benda.
    2. satuan massa
    Pada akhir abad ke 18 didefiniskan 1 kilogram adalah banyaknya massa air dengan volume 1 liter pada suhu 4 derajat Celsius. Kemudian pada tahun 1889 dibuatlah sebuah standar 1 kilogram dengan menggunakan bahan platinum-iridium (10%) dengan bentuk silinder yang disimpan secara khusus. Jadi 1 kilogram dideklarasikan sebagai massa yang terkandung di dalam silinder platinum-iridium ini.
    3. Satuan Waktu (sekon)
    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.
    4. Satuan Arus Listrik (ampere)
    Saat arus listrik mengalir lewat suatu kabel, maka bidang magnet akan berada di sekeliling kabel. Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.
    Pada zaman dulu, Arus konvensional didefinisikan sebagai aliran muatan positif, sekalipun kita sekarang tahu bahwa arus listrik itu dihasilkan dari aliran elektron yang bermuatan negatif ke arah yang sebaliknya.
    5. Satuan Temperature Termodinamis (Kelvin).
    Asal mula : 1 kelvin adalah skala temperatur termodinamika, sama dengan skala celcius dengan penambahan rentang nilainya. (nilai suhu nol mutlak atau absolute zero adalah 0oK).
    Definisi sekarang : 1 kelvin adalah skala temperatur termodinamika, 1/273.16 dari temperatur triple point air (triple point adalah titik dimana air murni berada di kondisi seimbang es dan uap jenuh, yaitu 0oC). 0oC setara dengan 273.16 oK.
    6. Satuan Jumlah Zat (mol)
    1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain. Satu mol didefinisikan sebagai jumlah zat suatu sistem yang mengandung "entitas elementer" (atom, molekul, ion, elektron) sebanyak atom-atom yang berada dalam 12 gram karbon-12.
    7. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)
    Standar yang digunakan saat ini adalah sumber cahaya monokromatik (satu warna), biasanya dihasilkan oleh laser, dan suatu alat bernama radiometer digunakan untuk mengukur panas yang ditimbulkan saat cahaya tersebut diserap. 1 candela adalah intensitas cahaya pada arah yang ditentukan, dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 per detik, dan memiliki intensitas radian pada arah tersebut sebesar (1/683) watt per steradian.
    Intensitas Cahaya adalah besaran pokok fisika untuk mengukur daya yang dipancarkan oleh suatu sumber cahaya pada arah tertentu per satuan sudut. Satuan SI dari intensitas cahaya adalah Candela (Cd).

    Besaran pokok tambahan:
    8. Sudut bidang datar(rad)
    Satuan ukur adalah radian. Rad adalah sudut bidang datar antara 2jari-jari lingkaran yang panjang busurnya sama dengan panjang jari-jarinya.

    9. Sudut ruang(sr)
    Satuan ukur adalah steradian.
    Sr adalah sudut ruang yang puncaknya berada dipusat bola,membentuk juring yg luasnya sama dengan kuadrat jari-jari bola.

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum wr.wb.
    NAMA: NURUL SUKMA SYAFINA DALIMUNTHE
    NIM : 4151111069
    KELAS:MATEMATIKA DIK D 2015

    Besaran pokok adalah besaran yang sudah ditetapkan dan dipakai untuk menentukan besaran-besaran yang lain. Besaran pokok terdiri dari :
    1. Satuan Standar Panjang
    Hasil pengukuran besaran panjang biasanya dinyatakan dalam satuan meter, centimeter, milimeter, atau kilometer. Satuan besaran panjang dalam SI adalah meter. Meter berasal dari bahasa Yunani yaitu metron yang berarti ukuran. Pada mulanya satu meter ditetapkan sama dengan panjang sepersepuluh juta (1/10000000) dari jarak kutub utara ke khatulistiwa melalui Paris. Kemudian dibuatlah batang meter standar dari campuran Platina-Iridium. Satu meter didefinisikan sebagai jarak dua goresan pada batang ketika bersuhu 0ºC. Meter standar ini disimpan di International Bureau of Weights and Measure di Sevres, dekat Paris.
    Pada tahun 1960 definisi satu meter diubah. Satu meter didefinisikan sebagai jarak 1650763,72 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom gas krypton-86 dalam ruang hampa pada suatu lucutan listrik. Pada tahun 1983, Konferensi Internasional tentang timbangan dan ukuran memutuskan bahwa satu meter merupakan jarak yang ditempuh cahaya pada selang waktu 1/299792458 sekon. Penggunaan kecepatan cahaya ini, karena nilainya dianggap selalu konstan.
    2. Satuan Standar Waktu
    Besaran waktu dinyatakan dalam satuan detik atau sekon dalam SI. Pada awalnya satuan waktu dinyatakan atas dasar waktu rotasi bumi pada porosnya, yaitu 1 hari. Satu detik didefinisikan sebagai 1/26400 kali satu hari rata-rata. Satu hari rata-rata sama dengan 24 jam = 24 x 60 x 60 = 86400 detik. Karena satu hari matahari tidak selalu tetap dari waktu ke waktu, maka pada tahun 1956 para ahli menetapkan definisi baru. Satu detik adalah selang waktu yang diperlukan oleh atom cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9192631770 kali.
    3. Satuan Standar Massa
    Besaran massa dalam SI dinyatakan dalam satuan kilogram (kg). Pada mulanya para ahli mendefinisikan satu kilogram sebagai massa sebuah silinder yang terbuat dari bahan campuran Platina dan Iridium yang disimpan di Sevres, dekat Paris. Untuk mendapatkan ketelitian yang lebih baik, massa standar satu kilogram didefinisikan sebagai massa satu liter air murni pada suhu 4ºC.
    4. Satuan Standar Temperatur
    Skala kelvin adalah skala suhu dimana nol absolut di definisikan sebagai 0 K. Kelvin adalah salah satu dari tujuh unit dasar SI. Satuan kelvin didefinisikan oleh dua fakta yaitu nol kelvin dan nol absolut, dan satu kelvin adalah pecahan 1/273,16 dari suhu termodinamika. Skala suhu celcius sekarang didefinisikan kelvin. Ketika kelvin diperkenalkan pada tahun 1954 di Konverensi umum Ukuran dan Berat ke-10, Resolusi 3, CR 79 namanya adalah derajat kelvin dan ditulis 0K, dan kata derajat dibuang pada tahu 1967.
    5. Satuan Standar Kuat Arus Listrik
    Satuan internasional untuk arus listrik adalah Ampere (A). Secara formal satuan Ampere didefinisikan sebagai arus konstan yang, bila dipertahankan, akan menghasilkan gaya sebesar 2 x 10-7 N/m di antara dua penghantar lurus sejajar, dengan luas penampang yang dapat diabaikan, berjarak 1 meter satu sama lain dalam ruang hampa udara.
    6. Satuan Standar Intensitas Cahaya
    Satu kandela adalah intensitas cahaya suatu sumber cahaya yang memancarkan radiasi monokromatik pada frekuensi 540 x 1012 Hertz dengan intensitas sebesar 1/683 Watt per steradian dalam arah tersebut.
    7. Satuan Standar Jumlah Zat
    Mol adalah satuan dasar SI yang mengukur jumlah zat. Satuan mol didefinisikan sebagai jumlah zat suatu sistem yang mengandung entitas elemeter sebanyak atom-atom yang berada pada 12 gram karbon-12. Metode yang paling umum untuk mengukur jumlah zat adalah dengan mengukur massanya dan kemudian membagi nilai massanya dengan massa molar zat tersebut. Massa molar dapat dihitung dengan mudah dari nilai tabulasi bobot atom dan tetapan massa molar (didefinisikan sebagai 1 g/mol).

    BalasHapus
  45. NAMA. : SAHRIAN
    NIM. : 4151111088
    KELAS : Dik D 2015


    DASAR DASAR BESARAN POKOK


    Besaran pokok adalah besaran yang dipakai untuk menentukan besaranbesaran yang lain. Ada tujuh besaran pokok, yaitu panjang, massa, waktu, kuat arus listrik, suhu, jumlah zat, dan intensitas cahaya. dan ada dua besaran pokok tambahan,yaitu sudut bidang datar,dan sudut ruang.
    1. Satuan Panjang (meter) :
    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Hasilnya diproduksi menjadi 3 batang platina dan beberapa batang besi. Karena selanjutnya diketahui bahwa pengukuran jarak dari kutub ke katulstiwa tidak akurat, maka pada 1960 standar ini ditinggalkan. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.
    2) Satuan Massa (Kg)
    Yang menjadi standar satuan kilogram adalah kilogram standard yang disimpan di lembaga Timbangan dan Ukuran International. Dengan teknik pengukuran modern, kilogram standard dapat dibuat ulang dengan ketlitian 1/108.Maka,dapat disimpulkan bahwa 1 kg = 1 liter air murni yang suhunya 40 derajat Celcius.
    3. Satuan Waktu (second)
    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti
    detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.
    4.Satuan Tempratur
    Tempratur adalah ukuran yang derajat panas atau dinginnya suatu benda.Dalam SI satuan suhu adalah Kelvin(K).Definisi dari suhu didasarkan pada diagram fase air,yaitu posisi titik tripel air(suhu diamana 3 fase air berada bersamaan) yang di definisikan sebagai 273,16 Kelvin.kemudian,nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin,sehingga 1 Kelvin didefinisikan sebagai 1/273,16 dari temperatur(suhu) tripel air.Alat untuk mengukur suhu benda dengan tepat dan menyatakannya dalam angka disebut termometer.
    5. Satuan Arus (Ampere)
    Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Muatan listrik bisa mengalir melalui kabel atau penghantar listrik lainnya. Pada zaman dulu, Arus konvensional didefinisikan sebagai aliran muatan positif, sekalipun kita sekarang tahu bahwa arus listrik itu dihasilkan dari aliran elektron yang bermuatan negatif ke arah yang sebaliknya.
    6. Satuan Intensitas Cahaya.
    Awalnya satuan intensitas cahaya adalah lilin Inatuaternasional, tetapi tidak bertahan lama. Kemudian sejak tahun 1948 ditetapkan satuan standar intensitas cahaya yang baru yaitu candela disingkat cd.
    Berdasarkan Konferensi Umum Timbangan dan Ukuran Tahun 1979 ditetapkan bahwa 1 candela didefinisikan sebagai intensitas cahaya suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik pada frekuensi 54 x 10 13Hz dengan intensitas radiasi sebesar 1/683 watt per steradian dalam arah tersebut.
    7.Jumlah Zat(mol)
    Jumlah Zat satuannya dalam SI adalah molekul(mol).Mol adalah istilah yang digunakan sejak 1902 dan merupakan kependekan dari”gram-molecule”.Satu mol didefinisikan sebagai zat suatu sistem yang mengandung “entitas elementer”(atom,molekul,ion,elektron) sebanyak atom-atom yang berada dalam 12 gram karbon-12.Bilangan ini disebut bilangan Avogadro yaitu G.0221367*1023.
    7.I.
    Besaran Pokok Tambahan:
    1.Sudut Bidang Datar ,
    Satuan ukur adalah radian
    Rad adalah sudut bidang datar antara 2jari-jari lingkaran yang panjang busurnya sama dengan panjang jari-jarinya.
    2.Sudut Ruang,
    Satuan ukur adalah steradian
    Sr adalah sudut ruang yang puncaknya berada dipusat bola,membentuk juring yg luasnya sama dengan kuadrat jari-jari bola.

    SEKIAN.

    BalasHapus

  46. Nama : PEGGY PUSPITASARI
    NIM : 4151111071
    Jurusan: Pendidikan Matematika DIK D 2015
    No Absen: 4

    Peetapan Satuan pada Besaran Pokok

    Satuan Panjang
    Sebelum ditemukan satuan besaran panjang yang disepakati secara internasional, negara-negara di Eropa menggunakan satuan sendiri-sendiri. Inggris menggunakan yard, sementara Prancis menggunakanmeter. Namun meter dalam versi Prancis saat itu didefinisikan sebagai sepersepuluhjuta jarak antara equator ke kutub utara.
    Kemudian standar itu diperbaharui. Pada tahun 1960-1970, 1 meter didefinisikan sebagai 1.650.763,73 panjang gelombang dari sinar orange-merah yang dipancarkan dari isotope krypton-86. Namun ukuran ini diperbaharui lagi pada Oktober 1983 hingga sekarang, bahwa 1 meter (m) didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh oleh cahaya di dalam ruang hampa selama 1/299.792.458 detik.

    Satuan Massa
    Untuk besaran massa, satuan yang digunakan secara internasional adalah kilogram (kg). Berdasarkan kesepakatan para ilmuwan pada tahun 1887, 1 kilogram didefinisikan dari massa sebuah silinder campuran platinum-iridium yang saat ini disimpan di International Bureau of Weights and Measures yang berada di Sèvres, Prancis.
    Kesepakatan ini tidak pernah berubah hingga saat ini. Duplikat dari silinder tersebut saat ini dapat dijumpai di National Institute of Standards and Technology (NIST) di Gaithersburg, Maryland.
    Satuan Waktu
    Sebelum tahun 1960, satuan waktu yang disepakati secara internasional menggunakan turunan dari hari yang berdasarkan matahari. Satuan waktu yang disepakati internasional adalah detik atau sekon. Satu detik saat itu didefinisikan sebagai hasil dari (1/60)(1/60)(1/24) hari matahari (solar day)
    Namun pada tahun 1967, standar itu mengalami revisi setelah ditemukan perangkat yang secara presisi dapat mendefinisikan 1 detik standar. Pada tahun itu, para ilmuwan menyepakati bahwa 1 detik didefinisikan sebagai waktu yang diperlukan isotop jam atom cesium-133 atom untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali.


    Satuan Suhu
    Suhu adalah ukuran yang derajat panas atau dinginnya suatu benda.Dalam SI satuan suhu adalah Kelvin(K).Definisi dari suhu didasarkan pada diagram fase air,yaitu posisi titik tripel air(suhu diamana 3 fase air berada bersamaan) yang di definisikan sebagai 273,16 Kelvin.kemudian,nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin,sehingga 1 Kelvin didefinisikan sebagai 1/273,16 dari temperatur(suhu) tripel air.Alat untuk mengukur suhu benda dengan tepat dan menyatakannya dalam angka disebut termometer.

    Satuan Kuat Arus Listrik
    Arus listrik adalah banyanya muatan listrik yang mengalir melalui satu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu.Dalam SI satuan kuat arus listrik adalah Ampere(A).Saat arus listrik mengalir melalui satu kabel maka bidang magnet berada di sekeliling kabel.
    Pada tahun 1948,Ampere didefinisikan dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.Alat ukur untuk mengukur kuat arus listrik adalah Ampere meter.

    Satuan Jumlah Zat
    Jumlah Zat satuannya dalam SI adalah molekul(mol).Mol adalah istilah yang digunakan sejak 1902 dan merupakan kependekan dari”gram-molecule”.Satu mol didefinisikan sebagai zat suatu sistem yang mengandung “entitas elementer”(atom,molekul,ion,elektron) sebanyak atom-atom yang berada dalam 12 gram karbon-12.Bilangan ini disebut bilangan Avogadro yaitu G.0221367*1023.

    Satuan Intensitas Cahaya
    Satuan intensitas cahaya adalah Candela(Cd).Candela adalah intensitas cahaya suatu sumber cahaya yang memancarkan radiasi manokromatik pada frekuensi 540*1012 hertz dengan intensitas radiasi sebesar 1/685 watt per Steradran dalam arah tersebut.
    terimakasih sebelumnya pak

    BalasHapus
  47. nama: nurul hudapoti
    NIM: 4151111068
    kelas dik D
    no absen 01

    dasar-dasar pembuatan besaran pokok:
    1. Satuan Panjang (meter)
    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Hasilnya diproduksi menjadi 3 batang platina dan beberapa batang besi. Karena selanjutnya diketahui bahwa pengukuran jarak dari kutub ke katulstiwa tidak akurat, maka pada 1960 standar ini ditinggalkan. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik. Satu meter  adalah  1.650.763,73 kali panjang gelombang sinar merah jingga dalam vakum yang dipancarkan oleh isotop Krypton Kr86.
    2. Satuan Massa (kilogram)
    Pada 1799, kilogram didefinisikan sebagai massa air pada 4 derajat celcius yang menempati 1 desimeter kubik. Namun kemudian ditemukan bahwa volume air yang diukur ternyata 1,000028 desimeter kubik, sehingga standar ini ditinggalkan pada 1889. Kilogram didefinisikan oleh sebuah benda silinder yang terbuat dari lempeng platina dan 10% indium pada ruang hampa di dekat paris. Satu kilogram standar adalah massa dari sebuah model silinder platina iridium yang aslinya disimpan di Lembaga Berat dan Ukuran International di  Sevres. Standar sekunder dikirim ke berbagai negara dan massa-massa benda yang lainnya ditentukan dengan menggunakan teknik neraca berlengan sama.
    3. Satuan Waktu (detik)
    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. Pada 1967, definisi ini kembali diganti. Satu sekon adalah waktu yang diperlukan oleh atom cesium (Cs – 133) untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali
    4. Satuan Arus Listrik (ampere)
    Satu ampere  adalah arus tetap yang dipertahankan untuk tetap mengalir pada dua batang penghantar sejajar dengan panjang tak terhingga dan dengan luas penampang yang dapat diabaikan  dan dipisahkan sejauh satu meter dalam vakum, yang akan menghasilkan gaya sebesar 2 x 10-7 N m-1.
    5. Satuan Temperature Termodinamis (Kelvin)
    Definisi dari temperature didasarkan pada diagram fase air, yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang didefinisikan sebagai 273,16 kelvin, kemudian nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin, sehingga 1 kelvin didefiniskan sebagai 1/273.16 dari temperature titik tripel air.
    6. Satuan Jumlah Zat (mol)
    1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain. Satu mol adalah sebagai jumlah atom dalam 12 gram karbon 12. bilangan ini disebut bilangan Avogadro, yaitu 6.0221367 x 1023
    7. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)
    Satuan intensitas cahaya diperlukan untuk menentukan brightness (keterangan) dari suatu cahaya. Sebelumnya, lilin dan bola lampu pijar digunakan sebagai standar. Standar yang digunakan saat ini adalah sumber cahaya monokromatik (satu warna), biasanya dihasilkan oleh laser, dan suatu alat bernama radiometer digunakan untuk mengukur panas yang ditimbulkan saat cahaya tersebut diserap.
    1 candela adalah intensitas cahaya pada arah yang ditentukan, dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 per detik, dan memiliki intensitas radian pada arah tersebut sebesar (1/683) watt per steradian.

    BalasHapus
  48. NAMA : Rizki Anggraini
    NIM : 4151111084
    PRODI : Pendidikan Matematika
    KELAS : DIK D 2015
    NO ABSEN : 17

    Assalamu'alaikum pak, ini jawaban saya mengenai dasar-dasar menentukan satuan besaran pokok.

    1. Satuan Panjang (meter) :
    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Hasilnya diproduksi menjadi 3 batang platina dan beberapa batang besi. Karena selanjutnya diketahui bahwa pengukuran jarak dari kutub ke katulstiwa tidak akurat, maka pada 1960 standar ini ditinggalkan. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.
    Panjang adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung.
    2. Satuan Massa (kilogram)
    pada 1799, kilogram didefinisikan sebagai massa
    air pada 4 derajat celcius yang menempati 1 desimeter kubik. Namun kemudian ditemukan bahwa volume air yang diukur ternyata 1,000028 desimeter kubik, sehingga standar ini ditinggalkan pada 1889.
    Kilogram didefinisikan oleh sebuah benda silinder yang terbuat dari lempeng platina dan 10% indium pada ruang hampa di dekat paris
    Kilogram merupakan satu2nya satuan standar yang tidak bisa dipindahkan.
    3.Satuan Waktu
    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti
    detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.
    4.Satuan Arus Listrik (ampere)
    Saat arus listrik mengalir lewat suatu kabel, maka bidang magnet akan berada di sekeliling kabel. Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.
    1 ampere adalah arus listrik konstan dimana jika terdapat dua kabel dengan panjang tak terhingga dengan circular cross section?? yang dapat diabaikan, ditempatkan dengan jarak 1 meter pada ruang hampa, akan menghasilkan gaya 2 x 107 newton per meter.
    5.Satuan Temperature Termodinamis (Kelvin)
    Definisi dari temperature didasarkan pada diagram fase air, yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang didefinisikan sebagai 273,16 kelvin, kemudian nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin, sehingga 1 kelvin didefiniskan sebagai 1/273.16 dari temperature titik tripel air.
    Suhu menunjukkan derajat panas benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut.
    6.Satuan Jumlah Zat (mol)
    mol adalah istilah yang digunakan sejak 1902, dan merupakan kependekan dari “gram-molecule”.
    1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain.
    bilangan Avogadro, yaitu 6.0221367 x 1023. Istilah "mol" pertama kali diciptakan oleh Wilhem Ostwald dalam bahasa Jerman pada tahun 1893,
    7. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)
    Satuan intensitas cahaya diperlukan untuk menentukan brightness (keterangan) dari suatu cahaya. Sebelumnya, lilin dan bola lampu pijar digunakan sebagai standar. Standar yang digunakan saat ini adalah sumber cahaya monokromatik (satu warna),
    1 candela adalah intensitas cahaya pada arah yang ditentukan, dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 per detik, dan memiliki intensitas radian pada arah tersebut sebesar (1/683) watt per steradian.

    BalasHapus
  49. NAMA: NIA MAWAR DINA SARAGIH
    NIM : 4153222047
    PRODI : PENDIDIKAN MATEMATIKA
    KELAS : DIK D 2015
    NO ABSEN : 40
    assalamu'alaikum pak irfandi saya telah menyelesaikan tugas saya tentang desar dasr besaran poko
    1. Satuan Panjang (meter) :
    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Hasilnya diproduksi menjadi 3 batang platina dan beberapa batang besi. Karena selanjutnya diketahui bahwa pengukuran jarak dari kutub ke katulstiwa tidak akurat, maka pada 1960 standar ini ditinggalkan. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik. Panjang adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung.
    2. Satuan Massa (kilogram)
    pada 1799, kilogram didefinisikan sebagai massa air pada 4 derajat celcius yang menempati 1 desimeter kubik. Namun kemudian ditemukan bahwa volume air yang diukur ternyata 1,000028 desimeter kubik, sehingga standar ini ditinggalkan pada 1889. Kilogram didefinisikan oleh sebuah benda silinder yang terbuat dari lempeng platina dan 10% indium pada ruang hampa di dekat paris Kilogram merupakan satu2nya satuan standar yang tidak bisa dipindahkan.
    3.Satuan Waktu
    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.
    4.Satuan Arus Listrik (ampere)
    Saat arus listrik mengalir lewat suatu kabel, maka bidang magnet akan berada di sekeliling kabel. Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.
    1 ampere adalah arus listrik konstan dimana jika terdapat dua kabel dengan panjang tak terhingga dengan circular cross section?? yang dapat diabaikan, ditempatkan dengan jarak 1 meter pada ruang hampa, akan menghasilkan gaya 2 x 107 newton per meter.
    5.Satuan Temperature Termodinamis (Kelvin)
    Definisi dari temperature didasarkan pada diagram fase air, yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang didefinisikan sebagai 273,16 kelvin, kemudian nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin, sehingga 1 kelvin didefiniskan sebagai 1/273.16 dari temperature titik tripel air.
    Suhu menunjukkan derajat panas benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut.
    6.Satuan Jumlah Zat (mol)
    mol adalah istilah yang digunakan sejak 1902, dan merupakan kependekan dari “gram-molecule”.
    1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain.
    bilangan Avogadro, yaitu 6.0221367 x 1023. Istilah "mol" pertama kali diciptakan oleh Wilhem Ostwald dalam bahasa Jerman pada tahun 1893,
    7. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)
    Satuan intensitas cahaya diperlukan untuk menentukan brightness (keterangan) dari suatu cahaya. Sebelumnya, lilin dan bola lampu pijar digunakan sebagai standar. Standar yang digunakan saat ini adalah sumber cahaya monokromatik (satu warna),
    1 candela adalah intensitas cahaya pada arah yang ditentukan, dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 per detik, dan memiliki intensitas radian pada arah tersebut sebesar (1/683) watt per steradian

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak maaf saya salah ketik maksud saya NIM saya : 4153111047
      maaf ya pak

      Hapus
  50. NAMA : LAURA JESISKA SITORUS
    NIM : 4153111040
    JURUSAN : PENDIDIKAN MATEATIKA
    KELAS :DIK. D 2015
    Selamat Malam Pak..
    BESARAN
    Fisika adalah ilmu yang mempelajari dan menjelaskan gejala alam serta pemanfaatannya. Pengetahuan tentang gejala alam ini adalah sangat perlu bagi umat manusia agar dapat dimanfaatkan membuat hidup manusia menjadi nyaman, misalnya kita dapat menikmati jaringan listrik karena penguasaan kita terhadap gejala listrik, seorang yang rabun dekat bisa lebih nyaman membaca setelah dibantu dengan lensa dan lain sebagainya yang tidak terhingga jumlahnya, bahkan hampir tidak ada dalam kehidupan kita yang terlepas dari gejala alam.
    Didalam mempelajarigejala alam tersebut sangat dibutuhkan pengamatan yang teliti sehingga membutuhkan pengukuran yang sangat teliti bahkan sampai ke skala nano. Oleh karena itu fisika juga sering disebut sebagai ilmu yang erat hubungannya dengan pengukuran. Ukuran kuantitas atau numerik yang diukur dalam fisika disebut Besaran. Panjang, kecepatan, kuat arus listrik adalah beberapa contoh besaran fisika. Besaran adalah sesuatu yang dapat diukurdan dioperasikan. Agar ukuran numerik tersebut mempunyai arti besaran tersebut harus diberikan satuan dan pemberian satuan ini berlaku secara universal diseluruh dunia. Jadi apabila anda mengukur sesuatu besaran dan hanya mencatat dengan angka 20, maka secara fisika angka ini tidak ada artinya. Tetapi jika anda mencatatkan pengukuran anda sebagai 20 m maka kita mengetahui anda sedang mengukur besaran panjang (jarak) dengan satuan meter.
    Besaran-besaran fisika dikelompokkan atas besaran pokok dan turunan. Besaran pokok adalah besaran yang memerlukan defenisi yang jelas dan berdiri sendiri, sedangkan besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok.

    Nama besaran pokok :
    1. Panjang (Meter)
    2. Massa (Kilogram)
    3. Waktu (Sekon)
    4. Kuat arus listrik (Ampere)
    5. Suhu (Kelvin)
    6. Intensitas cahaya (Kandela)
    7. Jumlah zat (Mole)
    8. Sudut bidang datar (Radian)
    9. Sudut ruang (Steradian)

    CGPM :
    The General Conference on Weights and Measures (French: Conférence générale des poids et mesures - CGPM) is the senior of the three Inter-governmental organizations established in 1875 under the terms of the Metre Convention (French: Convention du Mètre) to represent the interests of member states. The treaty, which also set up two further bodies, the International Committee for Weights and Measures (French: Comité international des poids et mesures- CIPM) and the International Bureau of Weights and Measures (French: Bureau international des poids et mesures - BIPM), was drawn up to coordinate international metrology and to coordinate the development of the metric system.
    The conference meets in Sèvres (south-west of Paris) every four to six years. Initially it was only concerned with the kilogram and the metre, but in 1921 the scope of the treaty was extended to accommodate all physical measurements and hence all aspects of the metric system. In 1960 the 11th CGPM approved the Système International d'Unités, usually known as "SI".

    BalasHapus
  51. nama:winda lestari
    nim:4152111039

    1. Satuan Internasional Untuk Panjang
    Panjang adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung. Panjang dapat dibagi menjadi tinggi, yaitu jarak vertikal, serta lebar, yaitu jarak dari satu sisi ke sisi yang satu dengan yang lain sisi satu ke sisi yang lain, diukur pada sudut tegak lurus tegak lurus terhadap panjang benda. Dalam ilmu fisika dan teknik, kata "panjang" biasanya digunakan secara sinonim dengan "jarak", dengan simbol "l" atau "L" (singkatan dari bahasa Inggris length). Panjang adalah ukuran satu dimensi, sedangkan luas adalah ukuran dua seperempat dimensi (pangkat dua dari panjang) dan volume adalah ukuran tiga dimensi (pangkat tiga dari panjang). Dalam hampir semua sistem pengukuran, panjang adalah satuan fundamental yang digunakan untuk menurunkan satuan-satuan lainnya.
    2. Satuan Internasional Untuk Massa
    Massa (berasal dari bahasa Yunani μάζα) adalah suatu sifat fisika dari suatu benda yang digunakan untuk menjelaskan berbagai perilaku objek yang terpantau. Dalam kegunaan sehari-hari, massa biasanya disinonimkan dengan berat. Namun menurut pemahaman ilmiah modern, berat suatu objek diakibatkan oleh interaksi massa dengan medan gravitasi. Sebagai contoh, seseorang yang mengangkat benda berat di Bumi dapat mengasosiasi berat benda tersebut dengan massanya. Asosiasi ini dapat diterima untuk benda-benda yang berada di Bumi. Namun apabila benda tersebut berada di Bulan, maka berat benda tersebut akan lebih kecil dan lebih mudah diangkat namun massanya tetaplah sama. Tubuh manusia dilengkapi dengan indera-indera perasa yang membuat kita dapat merasakan berbagai fenomena-fenomena yang diasosiasikan dengan massa. Seseorang dapat mengamati suatu objek untuk menentukan ukurannya, mengangkatnya untuk merasakan beratnya, dan mendorongnya untuk merasakan gaya gesek inersia benda tersebut. Penginderaan ini merupakan bagian dari pemahaman kita mengenai massa, namun tiada satupun yang secara penuh dapat mewakili konsep abstrak massa. Konsep abstrak bukanlah berasal dari penginderaan, melainkan berasal dari gabungan berbagai pengalaman manusia.

    3. Satuan International Untuk Waktu
    Waktu adalah bagian dari struktur dasar dari alam semesta, sebuah dimensi di mana peristiwa terjadi secara berurutan. Waktu merupakan suatu dimensi di mana terjadi peristiwa yang dapat dialami dari masa lalu melalui masa kini ke masa depan, dan juga ukuran durasi kejadian dan interval. Waktu telah lama menjadi subjek utama penelitian dalam agama, filsafat, dan ilmu pengetahuan.. Namun demikian, berbagai bidang seperti bisnis, industri, olahraga, ilmu pengetahuan, musik, tari, dan teater hidup semua menggabungkan beberapa gagasan waktu ke dalam sistem masing-masing pengukuran. Beberapa, secara sederhana didefinisika yang relatif tidak kontroversial waktu termasuk "waktu adalah sesuatu yang dapat dihitung oleh jam" dan "waktu adalah segala sesuatu yang terjadi secara sekaligus".
    4. Satuan Internasional Untuk Suhu
    Suhu adalah besaran numerik untuk mengetahui derajat panas atau dingin pada suatu benda. Suhu juga dapat didefinisikan sebagai suatu besaran termodinamika yang menunjukkan besarnya energi kinetik translasi rata-rata molekul dalam sistem gas. Suhu juga disebut temperatur dan disebut temperature dalam bahasa Inggris. Satuan suhu ada derajat Celcius (oC), derajat Reamur (oR), derajat Fahrenheit (oF), dan Kelvin (K). Semakin tinggi suhunya, semakin panas benda atau ruangan tersebut. Semakin rendah suhunya, semakin dingin benda atau ruangan tersebut. Suhu dapat diukur dengan menggunakan termometer. Meskipun sesungguhnya suhu dapat dirasakan oleh indera manusia, tetapi tidak akurat dan tidak dapat digunakan di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda.

    BalasHapus
  52. maaf pak. ini lanjutannya:

    5. Satuan Internasional Untuk Arus listrik
    Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang disebabkan dari pergerakan elektron-elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu. [1] Arus listrik dapat diukur dalam satuan Coulomb/detik atau Ampere. Contoh arus listrik dalam kehidupan sehari-hari berkisar dari yang sangat lemah dalam satuan mikroAmpere seperti di dalam jaringan tubuh hingga arus yang sangat kuat 1-200 kiloAmpere (kA) seperti yang terjadi pada petir. Dalam kebanyakan sirkuit arus searah dapat diasumsikan resistansi terhadap arus listrik adalah konstan sehingga besar arus yang mengalir dalam sirkuit bergantung pada voltase dan resistansi sesuai dengan hukum Ohm. Arus listrik merupakan satu dari tujuh satuan pokok dalam satuan internasional. Satuan internasional untuk arus listrik adalah Ampere (A). Secara formal satuan Ampere didefinisikan sebagai arus konstan yang, bila dipertahankan, akan menghasilkan gaya sebesar 2 x 10-7 Newton/meter di antara dua penghantar lurus sejajar, dengan luas penampang yang dapat diabaikan, berjarak 1 meter satu sama lain dalam ruang hampa udara.
    6. Satuan Internasional Untuk Intensitas Cahaya
    Intensitas cahaya adalah besaran pokok fisika untuk mengukur daya yang dipancarkan oleh suatu sumber cahaya pada arah tertentu per satuan sudut. Satuan SI dari intensitas cahaya adalah Candela (Cd). Dalam bidang optika dan fotometri (fotografi), kemampuan mata manusia hanya sensitif dan dapat melihat cahaya dengan panjang gelombang tertentu (spektrum cahaya nampak) yang diukur dalam besaran pokok ini.
    7. Satuan Internasional Untukm Jumlah zat (Mol)
    Jumlah zat adalah besaran pokok fisika yang mengukur jumlah cuplikan zat elementer yang dapat berupa elektron, atom, ion, molekul, atau partikel tertentu. Satuan SI untuk jumlah zat ini adalah mol yang didefinisikan sebagai jumlah atom dalam elemen carbon-12 seberat 12 g. 1 mol mempunyai 6,0221415×1023 atom dari bahan murni yang diukur, yang sering dikenal sebagai bilangan Avogadro. Nama satuan mol ini dipakai pertama kali oleh ahli kimia Jerman, Wilhelm Ostwald, pada tahun 1893 untuk menyatakan Molekül (Mo l).
    Besaran Pokok Tambahan:
    8. Satuan Internasional Untuk Radian
    Radian adalah satuan sudut dalam bidang yang dilambangkan dengan "rad". Satuan sudut ini pernah masuk dalam kategori satuan tambahan SI yang kemudian kategori ini tidak lagi sejak tahun 1955 dan saat ini radian dianggap sebagai satuan turunan dalam SI. Satu radian atau 1 rad adalah besarnya sudut yang dibentuk oleh dua buah jari-jari lingkaran berjari-jari 1 meter dan membentuk busur sepanjang juga 1 meter. Atau dalam gambar di samping r = b = 1 meter. Panjang busur suatu lingkaran dapat dihitung langsung dengan mengalikan besarnya sudut dengan jari-jari lingkaran, apabila besarnya sudut telah dalam satuan radian.
    9. Satuan Internasional Untuk Steradian
    Steradian (simbol : sr) atau squared radian merupakan salah satu besaran dalam Sistem Internasional (SI) untuk sudut ruang (solid angle).
    Steradian digunakan dalam ruang tiga dimensi dan fungsi analogi. Nama steradian merupakan campuran dari bahasa Yunani 'Stereos' yang berarti solid dan bahasa Latin 'Radius' yang berarti jarak/jarak gelombang. Seperti halnya radian, Steradian merupakan besaran tak berdimensi. Steradian menjelaskan tentang rasio antara area dalam ruang dengan jaraknya dari titik vertex.

    BalasHapus
  53. Nama :Novida Febrina
    NIM :4153111050
    Kelas :DIK D 2015/ MATEMATIKA
    No.Absen:43

    Selamat Malam,pak!
    JAWABAN :
    1. Satuan Panjang (meter) :
    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Hasilnya diproduksi menjadi 3 batang platina dan beberapa batang besi. Karena selanjutnya diketahui bahwa pengukuran jarak dari kutub ke katulstiwa tidak akurat, maka pada 1960 standar ini ditinggalkan. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.
    Panjang adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung.
    2. Satuan Massa (kilogram)
    pada 1799, kilogram didefinisikan sebagai massa
    air pada 4 derajat celcius yang menempati 1 desimeter kubik. Namun kemudian ditemukan bahwa volume air yang diukur ternyata 1,000028 desimeter kubik, sehingga standar ini ditinggalkan pada 1889.
    Kilogram didefinisikan oleh sebuah benda silinder yang terbuat dari lempeng platina dan 10% indium pada ruang hampa di dekat paris
    Kilogram merupakan satu2nya satuan standar yang tidak bisa dipindahkan.
    3.Satuan Waktu
    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti
    detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.
    4.Satuan Arus Listrik (ampere)
    Saat arus listrik mengalir lewat suatu kabel, maka bidang magnet akan berada di sekeliling kabel. Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.
    1 ampere adalah arus listrik konstan dimana jika terdapat dua kabel dengan panjang tak terhingga dengan circular cross section?? yang dapat diabaikan, ditempatkan dengan jarak 1 meter pada ruang hampa, akan menghasilkan gaya 2 x 107 newton per meter.
    5.Satuan Temperature Termodinamis (Kelvin)
    Definisi dari temperature didasarkan pada diagram fase air, yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang didefinisikan sebagai 273,16 kelvin, kemudian nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin, sehingga 1 kelvin didefiniskan sebagai 1/273.16 dari temperature titik tripel air.
    Suhu menunjukkan derajat panas benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut.
    6.Satuan Jumlah Zat (mol)
    mol adalah istilah yang digunakan sejak 1902, dan merupakan kependekan dari “gram-molecule”.
    1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain.
    bilangan Avogadro, yaitu 6.0221367 x 1023. Istilah "mol" pertama kali diciptakan oleh Wilhem Ostwald dalam bahasa Jerman pada tahun 1893,
    7. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)
    Satuan intensitas cahaya diperlukan untuk menentukan brightness (keterangan) dari suatu cahaya. Sebelumnya, lilin dan bola lampu pijar digunakan sebagai standar. Standar yang digunakan saat ini adalah sumber cahaya monokromatik (satu warna),
    1 candela adalah intensitas cahaya pada arah yang ditentukan, dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 per detik, dan memiliki intensitas radian pada arah tersebut sebesar (1/683) watt per steradian.

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. NAMA : RAHMAH ITSNA HAYATI
    NIM : 4153111053
    KELAS : DIK D 2015
    NO ABSEN : 46

    Assalamu'alaikum wr.wb

    DASAR DASAR BESARAN POKOK


    Besaran pokok adalah besaran yang dipakai untuk menentukan besaranbesaran yang lain. Ada tujuh besaran pokok, yaitu panjang, massa, waktu, kuat arus listrik, suhu, jumlah zat, dan intensitas cahaya. dan ada dua besaran pokok tambahan,yaitu sudut bidang datar,dan sudut ruang.

    1. Satuan Panjang (meter) :
    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Hasilnya diproduksi menjadi 3 batang platina dan beberapa batang besi. Karena selanjutnya diketahui bahwa pengukuran jarak dari kutub ke katulstiwa tidak akurat, maka pada 1960 standar ini ditinggalkan. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.

    2. Satuan Massa (Kg)
    Yang menjadi standar satuan kilogram adalah kilogram standard yang disimpan di lembaga Timbangan dan Ukuran International. Dengan teknik pengukuran modern, kilogram standard dapat dibuat ulang dengan ketlitian 1/108.Maka,dapat disimpulkan bahwa 1 kg = 1 liter air murni yang suhunya 40 derajat Celcius.

    3. Satuan Waktu (second)
    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti
    detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.

    4.Satuan Tempratur ( Kelvin)
    Tempratur adalah ukuran yang derajat panas atau dinginnya suatu benda.Dalam SI satuan suhu adalah Kelvin(K).Definisi dari suhu didasarkan pada diagram fase air,yaitu posisi titik tripel air(suhu diamana 3 fase air berada bersamaan) yang di definisikan sebagai 273,16 Kelvin.kemudian,nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin,sehingga 1 Kelvin didefinisikan sebagai 1/273,16 dari temperatur(suhu) tripel air.Alat untuk mengukur suhu benda dengan tepat dan menyatakannya dalam angka disebut termometer.

    5. Satuan Arus (Ampere)
    Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Muatan listrik bisa mengalir melalui kabel atau penghantar listrik lainnya. Pada zaman dulu, Arus konvensional didefinisikan sebagai aliran muatan positif, sekalipun kita sekarang tahu bahwa arus listrik itu dihasilkan dari aliran elektron yang bermuatan negatif ke arah yang sebaliknya.

    6. Satuan Intensitas Cahaya.
    Awalnya satuan intensitas cahaya adalah lilin Inatuaternasional, tetapi tidak bertahan lama. Kemudian sejak tahun 1948 ditetapkan satuan standar intensitas cahaya yang baru yaitu candela disingkat cd.
    Berdasarkan Konferensi Umum Timbangan dan Ukuran Tahun 1979 ditetapkan bahwa 1 candela didefinisikan sebagai intensitas cahaya suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik pada frekuensi 54 x 10 13Hz dengan intensitas radiasi sebesar 1/683 watt per steradian dalam arah tersebut.

    7.Jumlah Zat(mol)
    Jumlah Zat satuannya dalam SI adalah molekul(mol).Mol adalah istilah yang digunakan sejak 1902 dan merupakan kependekan dari”gram-molecule”.Satu mol didefinisikan sebagai zat suatu sistem yang mengandung “entitas elementer”(atom,molekul,ion,elektron) sebanyak atom-atom yang berada dalam 12 gram karbon-12.Bilangan ini disebut bilangan Avogadro yaitu G.0221367*1023.

    Besaran Pokok Tambahan:

    1.Sudut Bidang Datar ,
    Satuan ukur adalah radian
    Rad adalah sudut bidang datar antara 2jari-jari lingkaran yang panjang busurnya sama dengan panjang jari-jarinya.

    2.Sudut Ruang,
    Satuan ukur adalah steradian
    Sr adalah sudut ruang yang puncaknya berada dipusat bola,membentuk juring yg luasnya sama dengan kuadrat jari-jari bola.

    BalasHapus
  56. NAMA : VIRNAULI PANDIANGAN
    NIM : 4151111072
    PRODI : PENDIDIKAN MATEMATIKA
    KELAS : DIK D 2015
    NO. ABSEN : 5
    1. Satuan Panjang (meter) :
    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Hasilnya diproduksi menjadi 3 batang platina dan beberapa batang besi. Karena selanjutnya diketahui bahwa pengukuran jarak dari kutub ke katulstiwa tidak akurat, maka pada 1960 standar ini ditinggalkan. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.
    Panjang adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung.
    2. Satuan Massa (kilogram)
    pada 1799, kilogram didefinisikan sebagai massa
    air pada 4 derajat celcius yang menempati 1 desimeter kubik. Namun kemudian ditemukan bahwa volume air yang diukur ternyata 1,000028 desimeter kubik, sehingga standar ini ditinggalkan pada 1889.
    Kilogram didefinisikan oleh sebuah benda silinder yang terbuat dari lempeng platina dan 10% indium pada ruang hampa di dekat paris
    Kilogram merupakan satu2nya satuan standar yang tidak bisa dipindahkan.
    3.Satuan Waktu
    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti
    detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.
    4.Satuan Arus Listrik (ampere)
    Saat arus listrik mengalir lewat suatu kabel, maka bidang magnet akan berada di sekeliling kabel. Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.
    1 ampere adalah arus listrik konstan dimana jika terdapat dua kabel dengan panjang tak terhingga dengan circular cross section?? yang dapat diabaikan, ditempatkan dengan jarak 1 meter pada ruang hampa, akan menghasilkan gaya 2 x 107 newton per meter.
    5.Satuan Temperature Termodinamis (Kelvin)
    Definisi dari temperature didasarkan pada diagram fase air, yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang didefinisikan sebagai 273,16 kelvin, kemudian nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin, sehingga 1 kelvin didefiniskan sebagai 1/273.16 dari temperature titik tripel air.
    Suhu menunjukkan derajat panas benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut.
    6.Satuan Jumlah Zat (mol)
    mol adalah istilah yang digunakan sejak 1902, dan merupakan kependekan dari “gram-molecule”.
    1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain.
    bilangan Avogadro, yaitu 6.0221367 x 1023. Istilah "mol" pertama kali diciptakan oleh Wilhem Ostwald dalam bahasa Jerman pada tahun 1893,
    7. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)
    Satuan intensitas cahaya diperlukan untuk menentukan brightness (keterangan) dari suatu cahaya. Sebelumnya, lilin dan bola lampu pijar digunakan sebagai standar. Standar yang digunakan saat ini adalah sumber cahaya monokromatik (satu warna),
    1 candela adalah intensitas cahaya pada arah yang ditentukan, dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 per detik, dan memiliki intensitas radian pada arah tersebut sebesar (1/683) watt per steradian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak maaf namanya pirnauli pandiangan
      maaf ya pak
      makasih
      selamat malam

      Hapus
  57. ASSALAMUALAIKUM WR.WB
    nama : NINDIA NANDA RIATI
    PRODI : PENDIDIKAN MATEMATIKA DIK.D 2015
    NIM : 4153111048
    NO.ABSEN :41

    DASAR-DASAR BESARAN POKOK

    1. Satuan Panjang (meter) :

    Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Hasilnya diproduksi menjadi 3 batang platina dan beberapa batang besi. Karena selanjutnya diketahui bahwa pengukuran jarak dari kutub ke katulstiwa tidak akurat, maka pada 1960 standar ini ditinggalkan. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.


    2. Satuan Massa (kilogram)

    kilogram didefinisikan sebagai massa.
    air pada 4 derajat celcius yang menempati 1 desimeter kubik. Namun kemudian ditemukan bahwa volume air yang diukur ternyata 1,000028 desimeter kubik, sehingga standar ini ditinggalkan pada 1889.
    Kilogram merupakan satu2nya satuan standar yang tidak bisa dipindahkan. Tiruan2 telah dibuat dengan ketelitian mencapai 1/108part, namun metalurgi abad 19 belum baik, sehingga ketidakmurnian pada logam menyebabkan kesalahan sekitar 0.5 part per billion setiap tahunnya.

    3. Satuan Waktu (second)

    Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti
    detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.

    4. Satuan Arus Listrik (ampere)

    Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.
    1 ampere adalah arus listrik konstan dimana jika terdapat dua kabel dengan panjang tak terhingga dengan circular cross section?? yang dapat diabaikan, ditempatkan dengan jarak 1 meter pada ruang hampa, akan menghasilkan gaya 2 x 107 newton per meter.

    5. Satuan Temperature Termodinamis (Kelvin)

    Definisi dari temperature didasarkan pada diagram fase air, yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang didefinisikan sebagai 273,16 kelvin, kemudian nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin, sehingga 1 kelvin didefiniskan sebagai 1/273.16 dari temperature titik tripel air.

    6. Satuan Jumlah Zat (mol)

    1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain.
    Kita dapat membayangkan satu mol sebagai jumlah atom dalam 12 gram karbon 12. bilangan ini disebut bilangan Avogadro, yaitu 6.0221367 x 1023.

    7. Satuan Intensitas Cahaya (Candela)

    1 candela adalah intensitas cahaya pada arah yang ditentukan, dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 per detik, dan memiliki intensitas radian pada arah tersebut sebesar (1/683) watt per steradian.

    BalasHapus
  58. Assalamu'alaikum wr wb.

    Nama : Syahti Runia Hidayah
    NIM : 4152111038
    Jurusan : Matematika Dik D 2015
    Kelas : Dik D 2015

    SEJARAH SATUAN BESARAN POKOK

    1. Panjang (meter)
    Meter pada awalnya ditetapkan oleh Akademi Sains Prancis sebagai 1/10.000.000 jarak sepanjang bumi dan kutub utara hingga Khatulistiwa melalui Meridian Paris pada tahun 1791, dan pada tahun 1795 perancis menggunakan meter sebagai jarak resmi untuk panjang. Ketidakpastian dalam mengukur jarak tersebut menyebabkan biro berat dan ukuran Internasional menetapkan satu meter adalah jarak antara dua garis pada batang platinum-iridium yang disimpan di Sevres Perancis tahun 1889.
    Pada tahun 1960 hingga 1970, ketika laser di perkenalkan Konferensi umum tentang berat dan ukuran ke-11 mengganti definisi meter sebagai 1.650.763,63 kali panjang gelombang spektrum cahaya oranye-merah atom krypton-86 dalam sebuah ruangan vakum. Pada tahun 1983, BIPM menentukan meter sebagai jarak yang dilalui cahay melalui vakum pada 1/299.792.458 detik kecepatan cahaya ditetapkan sebesar 299.792.458 meter per detik. Oleh karena itu kecepatan cahaya dalam vakum dimana saja adalah sama. Devinisi ini adalah lebih universal dibandingkan jarak ukur lilit bumi atau panjang batang logam tertentu.
    Pada tahun 1120 raja Inggris yaitu Henry 1 secara pribadi menggunakan hitung dan jempolnya untuk menetapkan standar satuan panjang, kemudian memutuskan bahwa standar panjang di negara itu akan diberi nama yard (3 kaki) dan akan sama dengan jarak dari ujung hidung ke ujung lengan.
    Meter asal kata dari Yunani yaitu metron yang berarti ukuran.

    BalasHapus
  59. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  60. NAMA :RIA LESTARI
    KELAS :DIK D
    NIM :4151111078
    JURUSAN :PEND.MATEMATIKA

    ASSALAMUALAIKUM WR.WB
    Malam pak ,saya ingin melampirkan tugas saya,semoga di terima ya pak...

    1. Besaran Pokok Besaran-besaran dalam fisika dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan atau ditetapkan terlebih dahulu, yang berdiri sendiri, dan tidak tergantung pada besaran lain.
    2. Satuan Standar (Satuan Sistem Internasional: SI) Satuan merupakan salah satu komponen besaran yang menjadi standar dari suatu besaran. Sebuah besaran tidak hanya memiliki satu satuan saja. Besaran panjang ada yang menggunakan satuan inci, kaki, mil, dan sebagainya. Untuk massa dapat menggunakan satuan ton, kilogram, gram, dan sebagainya. Dengan adanya kesulitan tersebut, para ahli sepakat untuk menggunakan satu sistem satuan, yaitu menggunakan satuan standar Sistem Internasional, disebut Systeme Internationale d’Unites (SI).
    Satuan Internasional adalah satuan yang diakui penggunaannya secara internasional serta memiliki standar yang sudah baku. Satuan ini dibuat untuk menghindari kesalahpahaman yang timbul dalam bidang ilmiah karena adanya perbedaan satuan yang digunakan. Pada awalnya, Sistem Internasional disebut sebagai Meter – Kilogram – Second (MKS). Selanjutnya pada Konferensi Berat dan Pengukuran Tahun 1948, tiga satuan yaitu newton (N), joule (J), dan watt (W) ditambahkan ke dalam SI. Akan tetapi, pada tahun 1960, tujuh Satuan Internasional dari besaran pokok telah ditetapkan yaitu meter, kilogram, sekon, ampere, kelvin, mol, dan kandela.
    a. Satuan Standar Panjang (m)[L] Satuan besaran panjang berdasarkan SI dinyatakan dalam meter (m). Ketika sistem metrik diperkenalkan, satuan meter diusulkan setara dengan sepersepuluh juta kali seperempat garis bujur bumi yang melalui kota Paris. Tetapi, penyelidikan awal geodesik menunjukkan ketidakpastian standar ini, sehingga batang platina iridium yang asli dibuat dan disimpan di Sevres dekat Paris, Prancis. Jadi, para ahli menilai bahwa meter standar itu kurang teliti karena mudah berubah.Para ahli menetapkan lagi patokan panjang yang nilainya selalu konstan. Pada tahun 1960 ditetapkan bahwa satu meter adalah panjang yang sama dengan 1.650.763,73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom gas kripton-86 dalam ruang hampa pada suatu loncatan listrik. Definisi baru menyatakan bahwa satuan panjang SI adalah panjang lintasan yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selamaselang waktu 1/299.792.458 sekon.
    b. Satuan Standar Massa(kg)[M]
    Satuan standar untuk massa adalah kilogram (kg). Satu kilogram standar adalah massa sebuah silinder logam yang terbuat dari platina iridium yang disimpan di Sevres, Prancis. Silinder platina iridium memiliki diameter 3,9 cm dan tinggi 3,9 cm. Massa 1 kilogram standar mendekati massa 1 liter air murni pada suhu 4 oC.
    c. Satuan Standar Waktu(s)[T]
    Satuan SI waktu adalah sekon (s). Mula-mula ditetapkan bahwa satu sekon sama dengan 1/86.400 rata-rata gerak semu matahari mengelilingi Bumi. Dalam pengamatan astronomi, waktu ini ternyata kurang tepat akibat adanya pergeseran, sehingga tidak dapat digunakan sebagai patokan. Selanjutnya, pada tahun 1956 ditetapkan bahwa satu sekon adalah waktu yang dibutuhkan atom cesium-133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali.

    BalasHapus
  61. Ini lanjutan nya ya pak

    d. Satuan Standar Arus Listrik(K) Satuan standar arus listrik adalah ampere (A). Satu ampere didefinisikan sebagai arus tetap, yang dipertahankan untuk tetap mengalir pada dua batang penghantar sejajar dengan panjang tak terhingga, dengan luas penampang yang dapat diabaikan dan terpisahkan sejauh satu meter dalam vakum, yang akan menghasilkan gaya antara kedua batang penghantar sebesar 2 x 10–7 Nm–1.

    e. Satuan Standar Suhu(A)[I] Suhu menunjukkan derajat panas suatu benda. Satuan standar suhu adalah kelvin (K), yang didefinisikan sebagai satuan suhu mutlak dalam termodinamika yang besarnya sama dengan 1/273,16 dari suhu titik tripel air. Titik tripel menyatakan temperatur dan tekanan saat terdapat keseimbangan antara uap, cair, dan padat suatu bahan. Titik tripel air adalah 273,16 K dan 611,2 Pa. Jika dibandingkan dengan skala termometer Celsius, dinyatakan sebagai berikut dengan:
    T = suhu mutlak, dalam kelvin (K)
    tc = suhu, dalam derajat celsius (oC)
    f. Satuan Standar Intensitas Cahaya(cd)[J] Intensitas cahaya dalam SI mempunyai satuan kandela (cd), yang besarnya sama dengan intensitas sebuah sumber cahaya yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 × 1012 Hz dan memiliki intensitas pancaran 1/683 watt per steradian pada arah tertentu.
    g. Satuan Standar Jumlah Zat (mol)[N] Satuan SI untuk jumlah zat adalah mol. Satu mol setara dengan jumlah zat yang mengandung partikel elementer sebanyak jumlah atom di dalam 1,2 x 10-2 kg karbon-12. Partikel elementer merupakan unsur fundamental yang membentuk materi di alam semesta. Partikel ini dapat berupa atom, molekul, elektron, dan lain-lain.

    mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan ,atas perhatian bapak saya ucapkan terima kasih
    Assalamualaikum wr,wb

    BalasHapus
  62. Ini lanjutannya pak

    2. Waktu (detik)
    Sebelum adanya pengukuran waktu modern seperti zaman sekarang, arloji dan stopwatch waktu diukur menggunakan jam matahari dan jam pasir, waktu diukur abad, tahun, bulan, minggu, jam, menit, dan sekon atau sekon. Sebelum tahun1967, satu sekon ditetapkan sama dengan(1/60) (1/60) (1/24) atau dengan 1/86400 hari. Jadi 1 sekon adalah 1/86400 hari.
    Akan tetapi dari kemudian hari diketahui bahwa waktu edar matahari rata-rata itu berubah dari tahun ke tahun sehingga pada tahun 1967 ditetapkan waktu standar satu sekon adalah waktu yang diperlukan oleh atom sesium-33 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali periode getaran radiasi dari atom sesium.

    3. Massa (kilogram)
    Pada Satuan Internasional massa dinyatakan dalam satuan koligram. Didefinisikan sebagai massa sebuah silinder platina-iridium tertentu disimppan di Biro Internasional Poids et Mesures di Sevres, Perancis. Standar ini ditetapkan pada tahun 1887. Penggunaan bahan platinum-iridium sebagai standar satu kilogram karena merupakan bahan yang stabil.

    4. Temperatur (kelvin)
    Skala kelvin adalah skala suhu dimana nol absolut di definisikan sebagai 0 K. Kelvin adalah salah satu dari tujuh unit dasar SI. Satuan kelvin didefinisikan oleh dua fakta yaitu nol kelvindan nol absolut, dan satu kelvin adalah pecahan 1/273,16 dari suhu termodinamika. Skala suhu celcius sekarang didefinisikan kelvin.
    Kelvin dinamakan berdasarkan mana seorang fisikawan dan insinyur Inggris William Thomso 1st Baron Kelvin. Perkataan kelvin sebagai unit ditulis huruf kecil (k) kecuali dalam awal kalimat dan tidak pernah di ikuti kata dan simbol derajat, berbeda dengan fahrenheit dan celcius. Ini karena kedua skala tersebut adalah skala ukuran sementar kelvin adalah unit ukuran. Ketika kelvin diperkenalkan pada tahun 1954 di Konverensi umum Ukuran dan Berat ke-10, Resolusi 3, CR 79 namanya adalah derajat kelvin dan ditulis ᴼK, dan kata derajat dibuang pada tahu 1967.

    BalasHapus
  63. Ini masih lanjutannya pak

    5. Satuan Arus (Ampere)

    Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Muatan listrik bisa mengalir melalui kabel atau penghantar listrik lainnya. Pada zaman dulu, Arus konvensional didefinisikan sebagai aliran muatan positif, sekalipun kita sekarang tahu bahwa arus listrik itu dihasilkan dari aliran elektron yang bermuatan negatif ke arah yang sebaliknya.
    Saat arus listrik mengalir lewat suatu kabel, maka bidang magnet akan berada di sekeliling kabel. Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.
    1 ampere adalah arus listrik konstan dimana jika terdapat dua kabel dengan panjang tak terhingga dengan circular cross section?? yang dapat diabaikan, ditempatkan dengan jarak 1 meter pada ruang hampa, akan menghasilkan gaya 2 x 107 newton per meter.
    Arus adalah banyaknya muatan yang mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu. Arus listrik dapat diukur dalam satuan detik atau Ampere . Contoh arus listrik dalam kehidupan sehari-hari berkisar dari yang sangat lemah dalam satuan mikroAmpere (μA) seperti di dalam jaringan tubuh hingga arus yang sangat kuat 1-200 kiloAmpere (kA) seperti yang terjadi pada petir . Dalam kebanyakan sirkuit arus searah dapat diasumsikan resistansi terhadap arus listrik adalah konstan sehingga besar arus yang mengalir dalam sirkuit bergantung pada voltase dan resistansi sesuai dengan hukum ohm.
    Arus listrik merupakan satu dari tujuh satuan pokok dalam . Satuan internasional untuk arus listrik adalah Ampere (A). Secara formal satuan Ampere didefinisikan sebagai arus konstan yang, bila dipertahankan, akan menghasilkan gaya sebesar 2 x 10-7 N/m di antara dua penghantar lurus sejajar, dengan luas penampang yang dapat diabaikan, berjarak 1 meter satu sama lain dalam ruang hampa udara.

    6. Satuan Intensitas Cahaya (candela)

    Bagai cahaya, maka perlu menunggu sampai 1909 untuk melihat awal unufikasi di tingkat Internasional, ketika laboraturiun Amerika Serikat, Perancis, dan Inggris memutuskan untuk mengadopsi lilin internasional yang diwalili oleh lampu pilamen karbon. Jerman pada saat yang sama, tinggal dengan lilin Hefner, ditetapkan oleh standar api, dan setara dengan sekitar 9/10 lilin Internasional. Tapi standar dengan menggunakan lampu pijar dan akibatnya bergantung pada stabilitas mereka tidak akan pernah memuaskan dan oleh karena itu, bisa hanya sementara. Disisi lain sifat hitam yang disediakan secara teoritis sempurna, dan pada awal 1933, prinsip diadopsi bahwa unit fotometrik baru akan didasarkan kepada emisi bercahaya hitam di suhu beku besi platina (2045 K).
    Sebelum intensitas cahaya berdasarkan filamen api atau pijar digunakan di berbagai negara tahun 1948, awal digantikannya lilin baru berdasarkan luminasi radiator hitam a pada suhu beku platinum. Modifikasi ini telah disiapkan oleh Komisi internasional tentang Penerangan dan oleh CIPM sebelim 1937, dan telah di umumkan oleh CIPM pada tahun 1946. Saaat ini diratifikasi pada tahun 1948 oleh CGPM 9 yang mengadopsi nama internasional baru untuk unit ini yang candela pada tahu 1967 CGPM ke-13 memberi perubahan dari definisi 1946.
    Pada tahun 1979 karena kesulitan eksperimental dalam mewujudkan radiator Plank pada suhu tinggi dan kemungkinan-kemungkinan baru yang ditawarkan oleh radiometri, yaitu pengukuran daya radiasi optik, mengadopsi definisi baru candela.

    BalasHapus
  64. Dan ini yg terakhir pak

    7. Satuan Jumlah Zat (mole)

    Mol adalah satuan dasar SI yang mengukur jumlah zat. Istilah mol pertama kali diciptakan oleh Wilhem Ostwald dalam bahasa Jerman pada tahun 1893, walaupun sebelumnya telah terdapat konsep massa equivalan seabad sebelumnya. Istilah mol diperkirakan berasal dari kata bahasa Jerman molekul. Nama gram atom dan gram molekul juga pernah digunakan dengan artian yang sama dengan mol tetapi unutk sekarang ini sudah tidak digunakan lagi.
    Satuan mol didefinisikan sebagai jumlah zat suatu sistem yang mengandung entitas elemeter sebanyak atom-atom yang berda pada 12 gram karbon-12.
    Terdapat miskonsepsi yang umum bahwa mol didefinisikan menurut tetapan Avogadro (juga disebut "bilangan Avogadro"). Namun kita tidak perlulah mengetahui jumlah atom ataupun molekul yang ada dalam suatu zat untuk menggunakan satuan mol, dan sebenarnya pula pengukuran jumlah zat dilakukan pertama kali sebelum adanya teori atom modern. Definisi mutakhir mol disepakati pada tahun 1960-an. Sebelumnya, definisi mol didasarkan pada berat atom hidrogen, berat atom oksigen, dan massa atom relativ oksigen-16. Keempat definisi ini memiliki tingkat perbedaan yang lebih kecil dari 1%.
    Metode yang paling umum untuk mengukur jumlah zat adalah dengan mengukur massanyadan kemudian membagi nilai massanya dengan massa molar zat tersebut.Massa molar dapat dihitung dengan mudah dari nilai tabulasi bobot atom dan tetapan massa molar (didefinisikan sebagai 1 g/mol). Metode lainnya meliputi penggunaan volume molar ataupun pengukuran muatan listrik.

    Terima kasih sebelumnya pak.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    BalasHapus
  65. Assalamu'alaikum.
    Nama : Liza Elvina
    NIM : 4153111042
    Jurusan : Matematika Dik D 2015

    Dasar-dasar membuat besaran pokok

    1. Massa (Kilogram)

    Asal mula: 1 kilogram adalah massa 1 liter air (1 m3).
    Definisi sekarang : 1 kilogram adalah massa sesuai suatu prototype (silinder platina iridium) yang disimpan di Poids et Mesures di Sevres, Perancis.

    2. Panjang ( Meter)

    Asal mula: 1 meter adalah 1 ⁄ 10,000,000 dari jarak garis khatulistiwa ke kutub utara, diukur melewati meridian Paris.
    Definisi sekarang : 1 meter panjang jalur yang dilewati cahaya pada hampa udara selama 1/299,792,458 detik

    3. Waktu (detik)

    Asal mula : 1 detik adalah 1/86400 hari. Satu hari dibagi menjadi 24 jam, setiap jam dibagi menjadi 60 menit, setiap menit dibagi 60 detik. Maka, satu detik adalah 1/86400 hari.
    Definisi sekarang: 1 detik adalah waktu yang diperlukan oleh atom cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali periode getaran radiasinya dalam transisi antara dua tingkat energi di tingkat energi dasarnya.

    4. Temperatur (Kelvin)

    Asal mula : 1 kelvin adalah skala temperatur termodinamika, sama dengan skala celcius dengan penambahan rentang nilainya. (nilai suhu nol mutlak atau absolute zero adalah 0oK).
    Definisi sekarang : 1 kelvin adalah skala temperatur termodinamika, 1/273.16 dari temperatur triple point air (triple point adalah titik dimana air murni berada di kondisi seimbang es dan uap jenuh, yaitu 0oC). 0oC setara dengan 273.16 oK.

    5. Jumlah zat (Mol)

    Asal mula : 1 mol adalah berat atom atau berat molekul dibagi konstanta massa molar (1 g/mol)
    Definisi sekarang : 1 mol adalah jumlah zat suatu sistem yang berisi entitas elementer (atom, molekul, ion, elektron) sebanyak atom-atom dalam 0.012 gram karbon 12. Ketika mol digunakan, entitas dasar harus ditentukan dan mungkin atom, molekul, ion, elektron, partikel lain, atau kelompok tertentu dari partikel tersebut.

    6. Arus Listrik (Ampere)

    Asal mula : 1 ampere adalah arus yang dibutuhkan untuk mendepositkan 1.118 miligram perak per detik dari senyawa silver nitrate. Dibandingkan dengan satuan ampere SI, perbedaannya 0.015%.
    Definisi sekarang : 1 ampere adalah arus konstan pada dua penghantar paralel lurus dengan panjang tak terbatas, luas penampang yang diabaikan, diletakkan terpisah 1 meter pada ruang vakum. Diantara keduanya akan menghasilkan gaya 2 x 10-7 newton/meter.

    7. Intensitas Cahaya (Candela)

    Asal mula : 1 candela adalah intensitas cahaya yang dipancarkan lilin (candle) dari properti yang standar.
    Definisi sekarang : 1 candela adalah intensitas cahaya suatu sumber cahaya yang memancarkan radiasi monokromatik pada frekuensi 540 X 1012 hertz dengan intensitas radiasi sebesar 1/683 watt per steradian dalam arah tersebut

    BalasHapus